Komik

Belajar Entrepreneurship dan Sustainability Lewat Komik

By

Bicara entrepreneurship apalagi sustainability kadang bikin kita gak minat. Kita harus berkutat dengan segala teori yang mungkin baru kita kenal. Tapi bagaimana jika kita mempelajarinya lewat komik?

Pada Desember 2020 lalu, Chuliu Book mengeluarkan tiga komik mengenai entrepreneurship dengan judul The O’s Lab, Mad Spicy Resto dan Dragon Tail. Ketiga komik ini merupakan serial A Story of Social Entrepreneurship yang dikarang oleh tiga penulis yang berbeda yang merupakan tim dari Dr. Yanto Chandra, seorang Assosiate Professor di Hong Kong University. Beliau juga merupakan direktur dari Center for Social Policy and Social Entrepreneurship. Jadi gak heran kalau paham banget tentang hal ini dan bisa menyampaikannya melalui metode yang menarik.

Salah satunya adalah Dragon Tail yang ditulis oleh Hinyi Ceuk. Pada serial ini diceritakan bahwa Dragon Tail merupakan sebuah hall kota yang sangat terkenal di dunia bawah laut. Pada suatu hari, walikota mendapatkan surat dari Ocean Evacuation Authority. Tanpa babibu, walikota memerintahkan seluruh kota untuk melakukan evakuasi segera.

Komik lainnya berjudul Mad Spicy Resto yang ditulis oleh Wai Yu Chan. Komik bernuansa fabel ini menjelaskan mengenai keadaan di Mad Spicy Resto. Ini benar-benar komik edukasi yang juga menjelaskan tentang social enterprise model yang mungkin diterapkan dalam sebuah restoran.

Adapun The O’s Lab ditulis oleh Wing Ki To. The O’s Lab juga merupakan social enterprise. Jika dua komik sebelumnya berbentuk fabel, serial satu ini justru menggambarkan cara kerja seorang pendiri The O’s Lab, Lucy. Lucy bersama partner-nya melakukan reparasi untuk barang-barang yang tidak terpakai. Bagaimana The O’Lab melancarkan bisnisnya? Tentu tidak bisa kami buka semuanya disini.

Tiga serial ini menggunakan bahasa inggris yang mudah dimengerti. Sehingga meskipun kita gak pinter-pinter amat bahasa inggris, kita akan mudah paham dengan ceritanya (seperti saya).

Komik ini bisa kalian dapatkan dengan Free Sample ataupun berbayar melalui google store. Kapan lagi kan bisa belajar entrepreneurship secara asik?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like