Lagi, 2 Laki-Laki Jejaring Karyono Widodo ditangkap Densus

By

Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri kembali melakukan penangkapan terhadap tersangka teroris yang diduga kuat berkaitan insiden penyerangan Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni di Tawangmangu, Karanganyar, dengan pelaku Karyono Widodo, Minggu (21/6/2020) lalu.

Teranyar, ditangkap seorang laki-laki berinisial IA alias MJI kelahiran Surakarta 6 November 1998. IA ditangkap di Jalan Lurik Dukuh Ngruki Desa Cemani Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo pada Jumat 10 Juli 2020 dan sore harinya sekira pukul 17.30 WIB dibawa ke RS Bhayangkara Kota Semarang.

Setelah mendapat perawatan medis di rumah sakit milik Polri di Semarang itu, IA kemudian dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang sekira 2 jam kemudian, untuk mendapat perawatan lanjutan.

Pada jejaring insiden penyerangan terhadap Wakapolres Karanganyar itu, selain IA, Densus juga pada Jumat 26 Juni 2020 sekira pukul 09.55 WIB menangkap seorang laki-laki di Boyolali. Inisialnya YT, kelahiran Boyolali 16 Februari 1982. Penangkapan dilakukan di kediamannya di Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. YT ini diduga kuat mengetahui tentang perencanaan amaliyah yang dilakukan Karyono Widodo dan IA itu.

Informasi yang dihimpun ruangobrol.id dari sumber kepolisian menyebutkan, YT yang ditangkap di Boyolali itu adalah pasien dari IS, seorang ibu yang ditangkap di Kawasan Puwrosari Perbalan Semarang Utara Kota Semarang pada Rabu 24 Juni 2020 lalu. IS sendiri sempat ditahan di Semarang dan sudah dipindah ke tahanan Polda Metro Jaya Jakarta, diberangkatkan dari Semarang Jumat malam 3 Juli 2020.

YT adalah seorang pasien penyakit usus yang rutin berobat ke IS. Ini mengingat IS memang membuka pengobatan herbal, bernama Rumah Sehat Bu Ana, di tempat tinggalnya di Semarang Utara itu. IS ini sudah punya jejaring dengan Karyono Widodo termasuk Ikhsan.

Karyono Widodo yang asli Madiun ini sempat dikenalkan IS kepada YT, bahkan diberi pekerjaan dan kontrakan selama sekira 3 bulan di Boyolali, sebelum insiden penyerangan di Tawangmangu Karanganyar itu terjadi.

“Sebenarnya YT ini bukan orang jaringan (terorisme), tetapi karena seperti itu (menampung Karyono Widodo-memfasilitasi) jadi ikut terjerat,” kata sumber yang enggan disebut namanya kepada ruangobrol.id.

YT sendiri sekarang sudah ditahan Densus 88 dan dititipkan di tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Jawa Tengah. Dia sempat dirujuk ke RS Bhayangkara Semarang untuk dilakukan perawatan karena penyakit yang dideritanya.

“YT ini pasien pengobatan herbal IS,” lanjutnya.

Sementara, hingga kini pengembangan penyidikan terus dilakukan untuk mengusut tuntas insiden penyerangan di Tawangmangu tersebut, di mana penyerangnya yakni Karyono Widodo tewas diterjang timah panas polisi ketika mencoba menyerang menggunakan pisau dapur.

 

FOTO IST.

Barang bukti saat penyerangan kepada Wakapolres Karanganyar di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Minggu 21 Juni 2020 lalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like