Benarkah Anak Desa Lebih Berprestasi daripada Anak Kota?

By

Kita pasti pernah sekelas atau satu sekolah, baik itu adik kelas atau kakak kelas yang berasal dari desa atau kampung yang bersekolah di sekolah favorit kota. Dan biasanya doi cenderung murid yang cukup berprestasi baik di kelas atau bahkan menjuarai lomba-lomba di luar sekolah.

Hal ini dikarenakan anak-anak dari desa memiliki faktor yang lebih unggul dalam proses belajar.

Meski ini hanyalah subjektivitas penulis semata, namun anak-anak desa memang cenderung tahu lebih awal atas realita dari materi-materi yang diajarkan di kelas.

Selain itu, motivasi mereka yang ingin membahagiakan orangtuanya yang mayoritas berprofesi sebagai petani menjadi faktor yang juga sangat mempengaruhi belajar mereka.

Juga faktor lingkungan desa atau kampung yang jauh dari kebisingan membuat mereka menjadi lebih konsentrasi untuk belajar di rumah.

Anak-anak desa juga jauh dari pengaruh negatif kota seperti nongkrong di clubbing atau pergaulan bebas dan semacamnya.

Mereka juga memiliki relasi dan jiwa sosial yang lebih unggul daripada anak-anak kota. Itu yang menjadikan anak dari desa selalu berani untuk aktif bertanya dan berdiskusi dengan guru di dalam kelas.

Murid dari desa pun cenderung lebih rajin karena mereka hidup dalam lingkungan yang menjunjung tinggi kesopanan, jadi setiap orang tuanya nyuruh belajar ya langsung belajar.

Sedikit berbeda dari murid kota yang kebanyakan orang tuanya bekerja dan pulang larut malam sehingga tidak mampu mengawasi anaknya dalam belajar.

Itulah beberapa alasan yang membuat murid atau orang dari desa bisa lebih unggul dan sering langganan ikut lomba sana-sini. Buat kalian yang dari kota jangan mau kalah ya sama anak dari kampung.

Link foto: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/9753626754

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like