Jenazah Karyono Widodo dimakamkan di Semarang

By

Jenazah Karyono Widodo, residivis kasus terorisme yang meninggal saat melakukan penyerangan terhadap anggota Polri di Karanganyar, Minggu (21/6/2020) lalu, dimakamkan di Kota Semarang.

Pemakaman di Semarang ini setelah pihak Polda Jawa Tengah menerima mandat dari pihak keluarga almarhum di Madiun, Jawa Timur. Selain itu, pilihan pemakaman di Semarang ini juga disebabkan pemakaman di tempat asalnya di Madiun tidak memungkinkan dilakukan karena ada penolakan dari warga setempat.

“Pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya masalah pemakaman dan lain-lain ke kami (Polda Jawa Tengah), ” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Pol Wihastono Yoga Pranoto, Senin (22/6/2020) di RS. Bhayangkara Semarang.

Pemakaman dilakukan Senin sore ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Diketahui, di TPU Kedungmundu itu juga ada sebelumnya memang kerap dilakukan pemakaman jenazah yang pengurusannya dilakukan Polda Jawa Tengah, seperti beberapa jenazah tanpa identitas yang jadi korban pembunuhan kasus penipuan modus penggandaan uang pada tahun 2013 silam.

“Tentu kami akan tetap makamkan secara layak,” tambah Yoga.

Sementara itu, kepastian identitas Karyono Widodo juga didapat dari cek sidik jari yang dilakukan tim Disaster Victim Identification (DVI) Bidang Kedokteran Kepolisian (Dokkes) Polri.

Petugas juga telah membandingkan data-datanya dengan pihak keluarga di Madiun, yakni dari ibunya. Karyono sendiri belum berkeluarga, usianya 46 tahun.

Karyono Widodo baru bebas penjara di kasus terorisme pertamanya pada 8 Juli 2019 dari Lapas Klas II B Way Kanan Lampung setelah sempat ditahan di Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok. Afiliasi Karyono adalah kelompok Jamaah Anshor Daulah (JAD) di Ciamis Jawa Barat, berinteraksi bersama kelompok radikal di Pondok Pesantren Ansharullah Ciamis dan sempat membuat sejumlah anak panah untuk menyerang polisi.

Pada penyerangan di Karanganyar Jawa Tengah itu, ada 3 orang yang menjadi korban sabetan senjata tajam berupa pisau pelaku, dua diantaranya adalah anggota Polri yaitu Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni dan drivernya yakni Bripda Hanif Ariyono. Sementara 1 orang lainnya adalah warga yang menjadi relawan kegiatan itu.

Kegiatan susur Gunung Lawu tersebut dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara yang diperingari setiap 1 Juli.

 

FOTO DOK. POLDA JATENG

Petugas membopong peti berisi jenazah Karyono Widodo dari komplek RS. Bhayangkara Semarang, Senin (22/6/2020) siang. Karyono adalah mantan narapidana terorisme yang tewas saat menyerang anggota Polri di Karanganyar Jawa Tengah, Minggu (21/6/2020).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like