Para Narapidana ‘Unjuk Gigi’ di Panggung The Voice Kedungpane

Abdul Mughis
Abdul Mughis
2 Min Read
The Voice Kedungpane

Para narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang beradu kemampuan menyanyi dalam lomba karaoke bertajuk The Voice Kedungpane, Kamis (11/08/2022).

Mereka mengekspresikan kegembiraan dengan beraksi di atas panggung. Tentu, ini menjadi moment berbeda karena di hari biasanya mereka menghabiskan waktu di dalam ruangan sel.

“Kegiatan ini mampu menghilangkan penat. Semua beban terasa lebih ringan,” kata Sergio, salah satu narapidana narkoba yang divonis 5 tahun tersebut.

Dia tampil membawakan lagu wajib yang berjudul “Tiara” yang dipopulerkan Kriss 1991. Lagu Tiara ini menggambarkan tentang seseorang yang merasa tidak memiliki apa-apa karena terkurung di dalam penjara. Namun dia tetap semangat berharap. Tiara akan tetap menerimanya apa adanya.

“Saya senang sekali bisa mengikuti lomba menyanyi ini,” ujarnya.

Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji mengatakan lomba menyanyi ini sebagai ajang pencarian bakat seni para narapidana, sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Tidak sedikit dari mereka yang terampil menyanyi, maka dari itu kami fasilitasi dengan ajang perlombaan untuk menyalurkan bakat mereka,”  jelas Tri Saptono.

Menurutnya kegiatan seperti ini diperlukan dalam upaya pembinaan narapidana. Selain sebagai salah satu kegiatan rekreasional juga menggali potensi.

“Menang atau kalah menjadi hal yang biasa. Yang terpenting para peserta dapat menampilkan performa terbaik,” katanya.

Sedikitnya ada 50 narapidana terpilih yang merupakan perwakilan dari masing-masing blok hunian. Mereka tampil memukau di hadapan para juri. (*)

Share this Article
Leave a comment