Film John Wick Chapter 3: Parabellum, Ketika Pencak Silat Kembali Mendunia

By

Pencak silat kembali mendunia setelah ditampilkan di film laga John Wick Chapter 3: Parabellum (2019). Tak hanya seni bela diri asli Indonesia itu yang ditampilkan, dua pesilat Indonesia juga tampil di film itu; Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian.

Dua pesilat asal Garut, Jawa Barat itu tak main-main. Mereka tampil bersama aktor Hollywood kenamaan Keanu Reeves. Selain pencak silat, dibawa pula Kujang yang merupakan senjata asli Indonesia, berikut ada cuplikan dialog dalam film itu yang menggunakan bahasa Indonesia.

Dialognya, mulai dari : “Senang bertemu dengan Anda!” , “Bangga bertemu dengan Anda!” bahkan ada dialog dua pesilat Indonesia itu kepada John Wick, sedikit meledek: “Dia mulai lambat sekarang, seharusnya dia sudah pensiun 5 tahun lalu”

Itu ketika dua pesilat itu yang berperan sebagai pembunuh bayaran, bertarung dengan John Wick. Dialog yang menyebut kata-kata “mulai lambat” dan “seharusnya pensiun 5 tahun lalu” itu, salah satunya berkaitan dengan film John Wick yang pertama di tahun 2014.

Film John Wick yang pertama itu bercerita tentang John Wick seorang pembunuh bayaran legendaris sudah pensiun dari pekerjaannya. Tapi ada satu hal yang membuatnya “kembali”, ketika mobilnya dicuri, rumah dirusak dan anjing kesayangannya dibunuh para kriminal.

Nah, pada chapter ke 3 itu, John Wick juga sempat melontarkan dialog dengan bahasa Indonesia: “Sampai jumpa”.

Cuplikan adegan silat dan dialog dengan bahasa Indonesia itu cukup menghibur. Seperti ketika saya menonton film itu di XXI Transmart Setiabudi Semarang, Minggu (19/5/2019) malam. Para penonton tertawa ketika muncul adegan itu.

Pencak silat memang melintas zaman. Hadirnya seni bela diri asli Indonesia di film laga dunia tak hanya sekali ini. Di antaranya pada tahun 2012 silam di film The Raid. Film dengan aktor Iko Uwais ini diminati di banyak negara.

Kemudian pada film layar lebar Hollywood berjudul Mile 22 (2018), Iko Uwais kembali tampil dengan silatnya. Iko direkrut karena sutradaranya, Peter Berg tertarik aksinya di The Raid 1 dan The Raid 2.

Di film itu, Iko jadi salah satu sorotan. Selain karena silatnya, juga wajahnya dimuat di poster Mile 22, ini tercatat kali pertama aktor Indonesia tampil di poster film box office itu.

Budaya, ternyata jika dikemas dengan sedemikian rupa, bisa menembus sekat-sekat dunia. Tak ada lagi batas Timur – Barat, budaya Timur-Budaya Barat. Semuanya bisa dikolaborasikan jadi tontonan yang apik dan mengibur orang-orang di dunia.

FOTO EKA SETIAWAN

Poster Film John Wick Chapter 3 di XXI Transmart Setiabudi Semarang

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like