Cara Eks Napiter Komitmen Dukung Pilkada Serentak Damai

By

Gelaran pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan digelar di sejumlah wilayah di Indonesia tahun 2020 ini. Di Jawa Tengah, tercatat ada 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentak di tahun ini, Kota Semarang salah satunya.

Masyarakat luas diimbau berperan aktif menjaga kondusivitas agar gelaran pesta demokrasi ini berjalan aman dan lancar. Dukungan untuk ini muncul dari berbagai lapisan masyarakat.

Salah satunya dari para eks narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam Yayasan Putra Persaudaraan Anak Negeri (Persadani). Mereka berkomitmen pro aktif mewujudkan gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) damai.

Komitmen mereka disampaikan melalui deklarasi ketika digelar pertemuan dengan Direktorat Intelijen dan Keamanan (Dit Intelkam) Polda Jawa Tengah, di Kota Semarang, Rabu (18/3/2020) malam.

Ketua Persadani, Machmudi Hariono alias Yusuf, berkomitmen bersama teman-temannya anggota yayasan untuk ambil bagian menciptakan suasana kondusif baik jelang maupun setelah pilkada nanti.

“Intinya kami sebagai yayasan di Kota Semarang khusunya pantura, Jawa Tengah pada umumnya, turut berkontribusi untuk mengajak dan menciptakan lingkungan yang damai dan sejuk,” kata Yusuf yang berdomisili di Kota Semarang ini.

Bersama yayasan yang dipimpinnya, sebut Yusuf, mereka akan melakukan berbagai kerja-kerja sosialisasi, deradikalisasi baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak, tak terkecuali Polri, khususnya Polda Jawa Tengah.

“Sosialisi ini bukan hanya di luar tetapi juga kepada teman-teman napi teroris yang masih di dalam penjara, harapannya agar bisa kembali mencintai NKRI dan diterima kembali di masyarakat,” lanjutnya.

Kepala Subdirektorat IV Dit Intelkam Polda Jateng, AKBP Wirasto Adi Nugroho, yang turut hadir mengatakan, pertemuan antara polisi dengan mantan napiter ini merupakan ajang silaturahmi dan menyamakan program seiring dengan situasi dan kondisi menjelang pilkada 2020.

Dia berharap, menjelang pelaksanaan dan paska pilkada serentak bulan September nanti kondisinya tetap berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Tahun ini lumayan padat (kegiatan), yang paling jelas terkait pilkada serentak pada bulan September nanti. Kami berharap kita bisa bersinergi agar gelaran ini kondusif,” kata Wirasto.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like