coronavirus-virus-corona-covid-19-indonesia

Seberapa Serius Pemerintah Indonesia Tanggulangi Virus Corona?

By

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua orang positif mengidap virus Corona di Indonesia. “Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” kata Jokowi.

Ibu tersebut menurut Jokowi berusia 64 tahun, sementara putrinya berusia 31 tahun. Kasus ini terdeteksi setelah Tim Kemenkes melakukan penelusuran atas orang Jepang positif Corona yang pernah singgah di Indonesia.

Hasil penelusuran menemukan orang Jepang itu bertemu dengan sang ibu dan putrinya ini. Kata Jokowi, kedua orang itu “sudah di rumah sakit.” Namun Jokowi tak menyebut rumah sakit tempat keduanya dirawat.

Pengumuman kasus ini menandai kasus pertama Corona terjadi di Indonesia, setelah menyebar di hampir seluruh dunia dan merenggut lebih dari 300 nyawa.

Sebelumnya, ada warga Indonesia yang terjangkit Corona berada di luar negeri. Mereka adalah 9 awak kapal pesiar Diamond Princess yang kini telah dirawat di Jepang, dan seorang wanita pekerja pramuniaga di Singapura.

Pemerintah sebelumnya telah memulangkan 24 orang dari Wuhan dan dikarantina di Batam. Mereka diketahui negatif Corona setelah pemeriksaan intensif.

WHO sempat menyangsikan keseriusan pemerintah Indonesia mendeteksi virus Corona karena hanya negara ini yang belum terdapat korban. Pemerintah membantah ketidakseriusan tersebut dengan menyatakan telah membentuk tim penanggulangan Corona. Tim ini yang menemukan dua orang positif Corona.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like