Mendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim Pilih Kolaborasi Bareng Netflix

By

Setelah melakukan beberapa kali pendekatan dengan Keminfo (Kementerian Komunikasi dan Informasi) dan ditolak, Netflix kini dipinang Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Mendikbud Nadiem Makarim secara resmi menggalang kerjasama dengan situs film resmi berbayar ini, kemarin (9/1).

Sebelumnya, Netflix sempat ingin menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia. Namun, Kominfo tidak menghiraukan itikad baik netflix sehingga telkom memilih untuk mengedepankan Hooq dan MAXstream. Alasannya karena kedua situs ini mengedepankan film Indonesia dan karya anak bangsa.

“Kalau bisa gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu.” Kata Menkominfo, Jhonny G. Plate seperti yang dilansir CNBC Indonesia. Menurutnya, selayaknya Telkom melakukan persaingan bisnis dengan bisnis. Ia kembali menegaskan bahwa upaya blokir Netflix oleh Telkom cs hanya semata-mata menghargai produk dalam negeri.

Jika Kominfo dan Telkom cs melihat Netflix sebagai kompetitor, lain halnya dengan Mas Menteri Nadiem. Ia justru menjajaki kolaborasi besar dengan Netflix dengan mengadakan pelatihan penulisan skenario. Pelatihan ini ditujukan untuk para filmmaker di Indonesia yang nantinya 10 orang penulis skenario terpilih akan diterbangkan ke Hollywood untuk mengikuti pelatihan.

Selain itu, kerjasama ini juga akan melahirkan sebuah kompetisi film pendek dengan tema Pancasila. “Ada kompetisi film pendek di Netflix yang temanya asas Pancasila. Hadiah 600 ribu dollar AS” kata Nadiem dikutip dari Kompas.com.

Bisnis negara memang seringkali melakukan upaya-upaya monopoli selayaknya hal ini nampaknya juga coba dilakukan oleh Telkom cs di jaringannya. Persaingan seperti ini juga memang sering dilakukan oleh provider lain. Misalnya jaringan TV kabel MNC Vision yang memonopoli stasiun-stasiun TV miliknya saja yang kemudian tidak ada disediakan di provider First Media atau provider lain.

Kompetisi pada dasarnya adalah wajar untuk melindungi kepentingan kita. Namun upaya ini malah menjadikan kita melihat kekurangan dan melihat pihak lain sebagai sekutu. Mendikbud coba mengajarkan untuk melihat solusi yang menguntungkan dengan membangun kepercayaan dengan Netflix. Upaya membangun kepercayaan ini dimulai melalui acara kolaborasi yaitu kompetisi dan pelatihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like