Gudang Peledak Brimob Polda Jateng Meledak, Seorang Polisi Terluka

Other

by Eka Setiawan

Gudang penyimpanan bahan peledak Markas Komando Brimob Srondol Polda Jawa Tengah, Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, meledak, Sabtu (14/9/2019) pagi. Seorang petugas terluka akibat insiden ini.

Insiden terjadi sekira pukul 07.00 WIB. Sejumlah warga berkerumun di sekitaran lokasi begitu mendengar suara ledakan tersebut.

Kepala Polda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyebut ledakan bersumber dari gudang tempat penyimpanan bahan-bahan peledak.

Di gudang tersebut tersimpan bahan-bahan peledak maupun bom militer yang selama ini merupakan temuan dari warga. Ketika terjadi ledakan petugas tengah melakukan disposal (menghancurkan) aneka bahan peledak itu.

“Ada satu anggota kami yang mengalami luka-luka karena serpihan, sudah dirawat di RS Banyumanik,” ungkap Rycko di lokasi kejadian.

Anggota itu dalam kondisi sadar, mengalami luka di kepala bagian belakang.  Rycko menyebut, selain anggotanya, tidak ada masyarakat yang jadi korban ledakan tersebut.

Pada rentang waktu pukul 07.45 WIB – 08.00 WIB masih terjadi tiga kali ledakan kecil. Ini juga yang menyebabkan warga terus berkerumun di sekitar lokasi. Pintu masuk ke TKP dijaga ketat polisi, baik yang berseragam maupun tidak.

Rycko  mengemukakan, penyimpanan handak di gudang itu sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), terpisah dari gudang senjata api maupun amunisi serta berlokasi di kawasan permukiman asrama Sat Brimob.

Sementara itu, asap tebal membumbung tinggi akibat ledakan tersebut. Beberapa mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi untuk melakukan pendinginan. Petugas Jibom setempat juga melakukan pengamanan.

Petugas Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Polda Jawa Tengah juga turun di lokasi untuk melakukan berbagai penyelidikan guna mengungkap penyebab pasti insiden itu.

Rycko menambahkan, pihaknya juga sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pendataan rumah-rumah penduduk yang mengalami kerusakan, seperti pecah kaca, akibat peristiwa ini.

“Saya sudah memerintahkan Kaposek Banyumanik untuk mendata semua barang-barang rusak atau kaca rumah penduduk yang rusak untuk segera kami ganti dan kami perbaiki, kalau siang ini selesai pendataan, siang ini akan langsung diganti,” tandasnya.

 

FOTO ISTIMEWA

TKP Ledakan di Markas Satuan Brimob Polda Jateng, Kota Semarang, Sabtu (14/9/2019).

 

Komentar

Tulis Komentar