Banyak Ruang Untukmu, Bung!

nurdhania
nurdhania
2 Min Read

Hei.. Sobat ngobrol! Selama kalian hidup di bumi ini, udah pernah ke ruang apa aja, selain ruang guru, ruang BP, ruang kelas, dan ruang kepsek??? Eh iya, ruang-ruang yang ada dalam rumah. Hehehe. Lupa saya.

Jadi, Kalau menurut Opa wikipedia, ruang didefinisikan sebagai wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.

Ashiaap…pernyataan dari opa detil banget! Sekaligus mengingatkan kita akan luasnya alam semesta milik Tuhan. Kita bisa liat sendiri kan, Kota Jakarta yang kecil aja terasa begitu besar. Mulai dari Jakarta Utara sampe Selatan. Belum lagi ada ruang ruang publik, pribadi, bereksplorasi, bekerja, dan ruang-ruang lainnya.

Terkadang kita masih sering mempersempit pikiran dan tempat kita berjelajah. Padahal, dalam 1 kecamatan, bahkan yang terkecil seperti karang taruna terdapat banyak ruang. Mulai ruang diskusi, menyampaikan pendapat, ataupun lainnya.

Nyatanya, istilah “pikniknya kurang jauh, pulangnya kurang malam” Memang benar! Tapi di sisi lain, masih banyak yang berkomentar: “Woy; gue untuk makan aja susah. Mana bisa untuk liburan!,” Gini-gini…apakah piknik selalu berarti jalan ke luar negeri? Nggak juga kan!

Coba, perhatikan sekelilingmu. Tetangga-tetanggamu bisa menjadi tempat bereksplorasi, lho! Apalagi kalau kamu pelajar dan suka ikut kegiatan kegiatan. Ruang ruangmu untuk piknik sangatlah banyak. Asalkan kamu dapat mempelajarinya dan mencari peluang dengan benar. Coba deh, kamu baca pelan-pelan lagi pernyataan opa wikipedia tadi.

Jadi, apabila ruang gerak tiap individu sempit, yakni tidak mau mengekplorasi atau bergaul, bisa saja masuk ke ruang atau hal hal yang tidak diinginkan. Ntah itu narkoba, intoleransi, radikalisme ataupun hal negatif lain.

Jangan beralasan lagi ya… Ayoo.. Kita belajar untuk semakin memperluas ruang gerak kitaaa!

 

SUMBER GAMBAR: photodune-group-of-business-people-meeting.jpg

Share this Article
Posted by nurdhania
Follow:
Tell stories to the worldwide
Leave a comment