RAGAM SAJIAN BERBUKA PUASA ALA TIMUR TENGAH

By

Berbuka Puasa adalah hal yang dinanti umat islam setelah sehari penuh menjalani ibadah puasa. Di Indonesia, ragam sajian menu berbuka puasa dijajakan dipinggiran jalan seperti kolak, es buah, gorengan dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan mencoba melirik ragam jenis makanan untuk berbuka puasa yang banyak dijajakan di pinggiran jalan di timur tengah.

  1. Güllaç – Turki

Güllaç adalah makanan penutup atau dessert dari Turki yang disajikan dingin. Güllaç terdiri dari lembaran-lembaran tipis berbentuk bundar dan besar yang terbuat dari tepung maizena dan terigu yang dijadikan penutup yang direndam susu hangat dan ditaburi walnut dan kacang pistachio di tengahnya. Di Turki, Güllaç biasanya ditaburi biji delima dan di beri siraman rosewater. Güllaç ini dijajakan di Turki hanya pada bulan Ramadhan saja.

  1. Kunafa – Lebanon

Selain terkenal sebagai menu berbuka puasa, Kunafa juga dikenal sebagai dessert yang disuguhkan pada moment bahagia. Di Arab Kunafa sering dihidangkan untuk merayakan kelulusan, hari pernikahan, kelahiran bayi dan sebagai balasan bagi perbuatan baik seseorang. Manis legit kunafa cocok jadi teman di momen istimewa.

Kunafa disebut juga dengan kunafah, kunafeh atau knafeh. Dibuat dari phillo pastry atau kaitafi yang terbuat dari tepung terigu dan mentega. Adonan pastry ini dipotong tipis dan disiram dengan sirup gula. Kunafa biasanya diisi dengan kismis, kelapa parut, kacang-kacangan, dan krim.

  1. Qatayef – Yordania

Di Yordania, ada Qatayef yang merupakan makanan khas berbuka puasa masyarakat yordania dan banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Qatayef merupakan makanan sejenis pancake mungil yang memiliki isian didalamnya yang biasanya disajikan dengan topping kacang-kacangan, krim dan disantap dengan olesan madu.

  1. Samosa – Pakistan

Jika di Indonesia kita punya gorengan isian yang sering disebur risoles, di Pakistan ada makanan hampir serupa dengan risoles yang disebut Samosa. Samosa merupakan jenis gorengan yang diberi isian kentang, cabai dan daging cincang. Samosa di wilayah Faisalabad merupakan yang terbaik di Pakistan. Samosa juga merupakan salah satu daya tarik wisata Faisalabad. Samosa khas Faisalabad umumnya berukuran besar yang biasa dimakan dengan saus chutney merah dan putih, dan dilengkapi dengan salad bawang.

Sumber foto: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2017/06/qatayef-0ec09409fd118e372c53e7ab7bd4efbe_600x400.jpg

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like