Agar Bisa Tetap Olahraga Selama Puasa Ramadhan

By

Banyak orang memilih diam ketika berpuasa dan melakukan hal-hal yang tidak menguras energi. Bahkan beberapa kota yang menyelenggarakan CFD (Car Free Day), tidak membuka CFD-nya selama bulan Ramadhan. Apakah selama puasa ramadhan tidak bisa olahraga? Tentu tidak!

Kita tetap bisa berolahraga selama berpuasa di bulan ramadhan dengan tetap memperhatikan hal-hal dibawah ini.

  • Perhatikan Waktu Olahraga

 

Waktu yang paling tepat saat olahraga adalah setelah sahur atau selepas subuh, beberapa menit sebelum berbuka dan malam setelah berbuka. Bisa aja kita berolahraga siang hari, namun jika olahraga itu malah mengakibatkan kita kelelahan, lebih baik dihindari ya.

  • Olahraga yang Bisa Dilakukan

Lakukan jenis olahraga ringan ketika berpuasa entah itu selepas subuh atau sebelum berbuka seperti push up, sit up atau jogging. Tidak disarankan untuk melakukan sprint atau angkat beban, kecuali beban hidup. Hehehe

  • Asupan Makanan dan Minum

Jika berniat olahraga hari itu, perhatikan asupan makanan dan minuman ya. Konsumsi makanan berkarbohidrat, berlemak tinggi dan memiliki kandungan protein secara seimbang. (Kalau makan nasi sebakul maka daging sapi sebakul dan tempe sebakul). Selain itu, usahakan mengkonsumsi air minum 1,5 l sampai 2 l saat sahur dan berbuka. Sehingga, saat melakukan olahraga kamu tidak dehidrasi karena berkeringat.

  • Waktu Tidur

Pastikan waktu tidurmu memenuhi kebutuhan tidur untuk tubuh. Umumnya dewasa memerlukan waktu tidur 7-9 jam perhari. Jadi kalau mau olahraga esok harinya, kurangi begadang karena main Mobile Legend dan PUBG.

 

Jadi, kita tetap bisa berolahraga meski kita berpuasa. Selamat Mencoba 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like