GAME ONLINE DAN POLA INTERAKSI DI ERA MILENIAL

By

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki berbagai macam rasa tentang berbagai macam situasi dan kondisi yang mereka jalani. Dalam salah satu prosesnya, hiburan menjadi solusi dikala seseorang berada pada situasi tertekan, sedih, maupun stress. Beragam jenis hiburan dipilih seseorang berdasarkan kesukaannya masing-masing. Dari menonton TV, liburan, ataupun memainkan sebuah permainan atau yang biasa kita sebut dengan “Game”.

Pada lingkungan tertentu, banyak permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan salah satu permainan yang menghasilkan sebuah keakraban antara satu sama lain. Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional.

Sedangkan di sisi lain, saat ini beberapa permainan telah didominasi oleh permainan berbasis elektronik (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih dan menggunakan koneksi internet) yang disebut dengan “Game Online”. Banyak yang berpendapat bahwa di zaman milenial ini “Game Online” cenderung memupus pola interaksi dan keakraban antara satu sama lain karna kesederhanaannya yang dapat dimainkan dimana saja. Masyarakat menilai bahwa “Game” pada zaman ini menjadi salah satu faktor manusia menjadi lebih individualis.

Namun sobat obrol, para developer “Game Online” telah menyadari hal itu hingga pada akhirnya membentuk suatu fitur yang memungkinkan terjadinya peningkatan interaksi antara para pemain “Game”. Salah satu fitur tersebut yakni fitur “Guid” atau “Clan”. “Guild” adalah organisasi formal dan relatif stabil yang didukung oleh kode permainan online. Di dalam “Guild” terdapat beberapa pemain hingga beberapa ratus atau bahkan lebih. Pemain hanya bisa menjadi anggota satu guild tetapi diizinkan untuk keluar dari satu guild dan bergabung dengan yang lain. Fitur tersebut telah membuka pola interaksi baru dimana para pemain dapat berkomunikasi dengan kelompoknya di dalam sebuah game. Tak jarang pula banyak acara gathering berlangsung antara para pemain dalam sebuah “Clan” untuk lebih akrab bertemu langsung antara satu sama lain.

Komunikasi dan interaksi merupakan hal penting bagi kita manusia sebagai makhluk sosial. Untuk itu, manfaatkanlah berbagai “Game” yang ada di gadget kalian sebagai salah satu sarana untuk berinteraksi dengan para pemain lainnya. Disamping mendapat hiburan, kita juga akan mendapatkan teman dan informasi baru tentunya. Atau jodoh mungkin…….???

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like