FILM "PILIHAN" UNTUK PEKERJA MIGRAN INDONESIA

News

by Arif Budi Setyawan Editor by Arif Budi Setyawan

Dari waktu ke waktu, narasi dan propaganda ekstremis telah berkembang dan secara intensif menggunakan segala jenis alat komunikasi digital. Narasi sangat berperan penting pada proses terekrutnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke dalam dunia kekerasan ekstrem. Dengan adanya kasus-kasus terorisme yang menyangkut para pekerja migran Indonesia di manapun berada, dunia digital memberikan keuntungan sekaligus membahayakan jika tidak disertai literasi bagi penggunanya.

Ruang Migran (RUMI) menjawab fungsi literasi digital di kalangan pekerja migran Indonesia. Dengan program literasi digital salah satunya membentuk komunitas online yang menyatukan para pekerja migran Indonesia di manapun berada. Sehingga lebih memudahkan para pekerja migran untuk beradaptasi baik budaya, perilaku, termasuk menjadi penghubung antara pekerja migran, pemangku kepentingan maupun professional agar para Pekerja Migran Indonesia memiliki lingkungan yang aman, baik secara fisik dan psikis dalam menjalankan tugasnya sebagai Pekerja Migran sampai kontrak berakhir dan kembali ke Tanah Air.

Ruang Migran (RUMI) telah hadir pada tahun 2022 dengan peluncuran platform website pertama kali di KBRI Singapura. Aplikasi RUMI --Ruang Migran Indonesia yang bisa didownload di Google Playstore juga telah diluncurkan di KBRI Singapura pada tanggal 25 Februari 2024. Sebagai tindak lanjut, RUMI menayangkan film pendek berjudul “Pilihan” dengan tema “Empowering Migrant Workers and Combating Radicalization” pada Jumat, 19 April 2024 di @America Jakarta, Pacific Place Mall Jakarta. Acara ini dibuka Andhika Chrisnayudhanto, Deputi Bidang Kerjasama Internasional.

Sejumlah narasumber hadir dalam penayangan film tersebut, diantaranya Dr Noor Huda Ismail (Founder PT Kreasi Prasasti Perdamaian), Ani Ema Susanti (Credible voice, Mantan Pekerja Migran Indonesia) dan Listyowati (Credible voice, Protagonist film “Pilihan”). Film ini diharapkan bisa menjadi alat bantu Orientasi Pra- Pemberangkatan (OPP) bagi Calon Pekerja Migran Indonesia.

Film pendek “Pilihan” mengisahkan kisah tiga Pekerja Migran Indonesia yang saling bertolak belakang. Penggunaan teknologi di kalangan Pekerja Migran menjadi penyelamat atau boomerang. Sutradara film Ani Ema Susanti kebetulan seorang mantan pekerja migran Hongkong menelusuri kisah mantan pekerja migran lainnya yang punya latar belakang berbeda. Teknologi yang digunakan Masyitoh, seorang Pekerja Migran Indonesia cerdas yang mengejar impiannya dengan menyelesaikan kuliahnya di Singapura hingga siap pulang ke Indonesia dengan investasi yang telah dipersiapkannya selama menjadi pekerja migran. Sementara di sisi lain, Listyowati seorang Pekerja Migran Indonesia yang juga menggunakan teknologi malah terlibat jaringan ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme. Melalui film ini penonton diajak untuk melakukan refleksi dan melihat pentingnya literasi digital.

Baca juga: Persiapan Launching Film “Pilihan” dan Aplikasi RUMI di Singapura



Tentang Ruang Migran (RUMI)

RUMI adalah sebuah komunitas daring yang didedikasikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh pekerja migran. Didirikan oleh Noor Huda Ismail dan Rosyid Nurul Hakim, komunitas ini bertujuan untuk memperkuat suara pekerja migran, mengatasi eksploitasi, dan membentuk komunitas resiliensi dan pemberdayaan. Melalui bercerita, pendidikan, dan advokasi, RUMI berusaha menciptakan perubahan yang berarti dalam kehidupan pekerja migran di seluruh dunia.

Foto: Suasana diskusi setelah pemutaran Film "Pilihan" di @America 19/04/2024 (Dok. Ruangobrol)

Komentar

Tulis Komentar