Sempat Dirawat 24 Jam, Terduga Teroris IA Meninggal di RSUP Kariadi Semarang

News

by Eka Setiawan

Terduga teroris berinisial IA (22) yang ditangkap Densus 88/Antiteror Polri di Sukoharjo Jumat 10 Juli 2020 meninggal dunia dalam perawatan di RSUP dr Kariadi Semarang, Sabtu 11 Juli 2020 petang. IA sempat dirawat sekira 24 jam di sana.
"Inggih (betul), meninggal pukul 17.20 WIB di ICU," ungkap Humas RSUP dr Kariadi, Parna, via WhatsApp kepada ruangobrol.id, Sabtu malam.
IA punya alias Muhammad Jihad Ikhsan alias Abdullah Jhons ini menderita luka tembak karena melawan saat disergap Densus di Jalan Lurik Dk. Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Jumat siang.
Jumat sekira pukul 17.30 WIB IA kemudian dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Bhayangkara Semarang sebelum dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang tak lama setelah dari RS Bhayangkara.
Informasi yang dihimpun, IA punya alamat KTP di Kedung Tungkul RT006/RW007 Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Sementara alamat kostnya di Ngruki RT1/RW16 Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
IA ini diduga kuat berkaitan dengan kasus penyerangan Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar pada Minggu 21 Juni 2020 lalu.

Penyerangnya ketika itu bernama Karyono Widodo, seorang residivis kasus terorisme. Karyono Widodo sendiri tewas diterjang timah panas polisi saat insiden penyerangan itu.

Selain IA, rentetan penangkapan insiden ini ada 2 orang lain yang sudah diamankan Densus 88. Masing-masing: IS, seorang ibu yang tinggal di Purwosari Perbalan Semarang Utara Kota Semarang dan YT seorang laki-laki yang tinggal di Sobokerto Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.

IS ditangkap Rabu 24 Juni 2020 di Kota Semarang sementara YT ditangkap di Boyolali pada Jumat 26 Juni 2020. Kelompok ini berafiliasi dengan ISIS. IS kini ditahan di Jakarta sementara YT ditahan di Kota Semarang

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi enggan berkomentar terkait meninggalnya IA.

"Densus saja konfirmnya," ungkap Lutfi via WhatsApp Sabtu malam.

FOTO IST.

Barang bukti saat penangkapan IA di Sukoharjo Jumat 10 Juli 2020.

Komentar

Tulis Komentar