Angkat Simbolisasi Multi Etnis, Semarang Night Carnival 2023 Digelar

News

by Eka Setiawan

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar Semarang Night Carnival (SNC) 2023 di Kawasan Kota Lama Semarang, Jumat 19 Mei 2023 malam. Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati jalan yang dilalui defile peserta SNC. Mereka ingin menyaksikan langsung dari dekat.

Gelaran kali ini juga istimewa, sebab diselenggarakan berbarengan dengan event Semarak Jejak Kreatif (Jejakk) Indonesia 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Event ini digelar di sekitaran Gereja Blenduk.

Sementara rute SNC sendiri, start dari depan Gedung Marba tak jauh dari Blenduk dan finish di Titik Nol Kilometer Semarang depan Kantor Pos Besar Johar. Rute tersebut tak terlalu jauh, hanya sekira 500 meter. Gelaran juga berbarengan dengan car free night Kawasan Kota Lama Semarang, sehingga masyarakat datang ke lokasi dengan berjalan kaki.

Beberapa pedagang asongan tampak menawarkan dagangannya di antara orang-orang yang berjubel hadir. Pedagang mainan dan suvenir juga terlihat. Barang yang dijual beragam, di antaranya barongsai kecil.

“Ini rangkaian hari jadi Kota Semarang, sehingga bisa dikolaborasi dan jadi satu kegiatan yang mana saling support,” kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita.



Tema SNC 2023 sendiri adalah “The Luxury” dengan sub tema: Keris, Chandelier, Kipas dan Lotus. Keris adalah simbolisasi Jawa, Chandelier mewakili corak Eropa, Kipas simbol orang Tionghoa dan Bunga Lotus simbol kemewahan dan keselamatan.

Konsep ini menyatukan seni tari, drama dan kostum karnaval. Keseluruhan dari SNC ini pada dasarnya menggambarkan perpaduan dari segala aspek kehidupan harmonis di Kota Semarang. Kota yang dikenal penduduknya multi etnis.

Mereka yang ikut pawai jumlahnya sekira 120 peserta, datang dari berbagai unsur masyarakat, mulai dari mahasiswa, umum hingga para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Semarang.

“Harapannya, masyarakat memahami bahwa ini daya tarik unggulan dari destinasi-destinasi yang digambarkan melalui tema-tema seperti ini,” sambung Mbak Ita.

Sementara itu, JejaKK Indonesia 2023 sendiri di Semarang berlangsung pada 19 – 21 Mei 2023. Kegiatan ini melibatkan 109 kabupaten/kota ekosistem KaTa (kabupaten/kota kreatif). Rangkaian kegiatannya antara lain; SNC 2023, pagelaran orkestra, forum diskusi KaTa kreatif Indonesia, pagelaran seni pertunjukan, pertemuan bisnis, pelatihan ekonomi kreatif, peragaan busana, kuliner hingga nonton bareng film ekonomi kreatif.

 

 

Komentar

Tulis Komentar