Rumi

RUMI Hadir di Singapura

By

RUMI atau ruang migran adalah sebuah inisiatif sosial yang menggabungkan antara kebutuhan pekerja migran Indonesia di luar negeri dengan teknologi. Berbentuk platform digital, Rumi ingin menjangkau pekerja migran Indonesia yang sedang bertugas di luar negeri dan menciptakan ruang berbagi diantara mereka.

Jauh dari keluarga, berada di wilayah asing, dan harus menghadapi beragam tekanan pekerjaan, para buruh migran ini membutuhkan ruang untuk mencurahkan keluh kesah, kreatifitas, atau sekedar berbagi cerita. Tidak hanya itu saja, mereka juga membutuhkan ruang untuk dapat saling terhubung dengan sesama pekerja migran dari Indonesia. Tujuannya agar mereka dapat saling bantu membantu jika ada masalah datang.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena pekerja migran adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap berbagai masalah, baik dari sisi sosial maupun keamanan internasional. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada pekerja migran yang terjerat kasus terorisme, sebuah tindak kejahatan dengan level tinggi. Beberapa mungkin secara sadar terseret dalam kelompok ekstremisme dengan kekerasan, tetapi ada pula yang tidak mengetahui dirinya sedang terjebak dalam kasus yang sangat serius. Belum lagi, masalah-masalah klasik yang lain.

Oleh karena itu, melalui Ruang Migran yang dikembangkan oleh Ruangobrol.id dan Migrant Care ini, para pekerja migran dapat mengurangi resiko terlibat permasalahan di luar negeri. Sebaliknya, mereka justru dapat mengembangkan diri yang bisa memberi manfaat saat bertugas atau saat pulang ke kampung halaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like