Ashraf-Sinclair-Bunga-Citra-Lestari-ruangobrol

Ashraf Sinclair, Lebih dari Sekadar Aktor atau Suami Artis

By

Kabar duka datang tanpa aba-aba. Aktor Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Selasa pagi, 18 Febuari, karena serangan jantung di usia yang masih sangat muda, 40 tahun. Ia meninggalkan istri, Bunga Citra Lestari (BCL) seorang aktris dan penyanyi, dan seorang anak bernama Noah Aidan Sinclair.

Semasa hidup, Ashraf lebih dikenal sebagai aktor. Ia tercatat membintangi sejumlah film dan sinetron. Film pertamanya berjudul Gol & Gincu membuatnya mendapat perhatian di dunia perfilman negeri jiran sebagai aktor. Di Indonesia, Ashraf bermain di film Saus Kacang. Di film ini ia beradu akting dengan BCL. Sementara sinetron, Ashraf pernah bermain di Pashmina Aishah dan Catatan Hati Seorang Istri.

Namun, Ashraf Sinclair lebih dari sekadar aktor. Pria kelahiran 1979 di London dari bapak berkebangsaan Inggris dan ibu berkebangsaan Malaysia ini, juga pengusaha. Dari tempat olah kebugaran, rumah produksi, restoran, sampai teknologi.

Untuk yang terakhir disebut, Ashraf sangat serius. Ia menjadi angel investor untuk sejumlah startup di Malaysia. Dalam dunia bisnis startup, angel investor adalah pemodal tunggal yang tak segan menggelontorkan uang dalam jumlah besar sejak masa-masa awal bisnis dibangun–bukan ketika sudah besar.

“Saya selalu suka bisnis,” kata Ashraf pada 2017 mengenai kegiatannya di dunia startup.

Pada Januari 2017, Ashraf bergabung dengan kapital ventura bernama 500 Startups sebagai mitra. Ia berperan mencari startup-startup baru yang potensial untuk diberi kucuran modal. Fokusnya di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Malaysia.

Pada tahun yang sama, kapital ventura Ashraf meluncurkan program 500 Durians I dan II. Lewat dua program tersebut, ratusan startup di Asia Tenggara mendapat kucuran modal.

Beberapa startup asal Indonesia yang mendapat kucuran modal dari kapital ventura Ashraf antara lain adalah Bukalapak, Bro.do, HIJUP, dan Kredivo. Kini, perusahaan-perusahaan telah menjadi besar sesuai harapan Ashraf.

“Saya selalu ingin melihat seorang pengusaha benar-benar bekerja, bukan hanya sebatas ide. Maka kami (500 Startups) memberi modal pada tingkat awal dengan prosedur lebih mudah,” kata Ashraf dalam satu kesempatan pada 2017.

Angel investor itu kini telah pergi. Terima kasih, Ashraf Sinclair.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like