23 September

23 September : Dari Nintendo Sampai Bom Jakarta

By

Tanggal tertentu bisa jadi punya makna bagi seseorang. Begitupun dengan hari ini, 23 September. Apa yang pernah terjadi hari ini dari masa ke masa?

1889 – Nintendo Lahir

Yang lahir tahun 2000an bisa jadi tak tahu Nintendo. Nintendo adalah nama dari perusahaan yang memproduksi permainan video. Nintendo didirikan oleh Fusajiro Yamauchi. Permainan ini cukup ngetrend sebelum playstation hadir. Nintendo awalnya memproduksi permainan kartu tangan hanafuda. Nintendo juga sempat bergerak sebagai perusahaan asrama dan taksi.

1924 – Ali Murtopo Lahir

Siapa Ali Murtopo? Ia adalah mantan menteri penerangan Republik Indonesia tahun 1978-1983. Pria kelahiran tahun 1934 ini melakukan modernisasi intelejen Indonesia. Ali juga menggagas peleburan partai menjadi 3 partai dan 1973 hal itu diwujudkan Soeharto. Pada 1972 ia mendirikan CSIS (Center for Startegic and International Studies) bersama asistennya.

1932 – Pembentukan Kerajaan Arab Saudi

Pada 23 September 1932, King Abdul Aziz Abdul Rahman bin Saud mendirikan kerajaan Arab Saudi. Ia menyatukan empat wilayah dengan ibukotanya Riyadh. Sebelumnya King Abdul Aziz melakukan penaklukan wilayah sejak 1902. Pemilihan ibu kota Riyadh karena kota ini merupakan asal bani Saud.

1967 – Penetapan Hari Bahari

Peringatan Hari Bahari berawal dari pidato Presiden Soeharto pada 23 September 1967. Dalam pidatonya ia berharap bahwa peringatan ini akan membawa semua pihak untuk memperhatikan bahari. Hal ini karena luas Indonesia didominasi oleh lautan.

1996 – Meninggalnya Pencipta Doraemon

Fujiko Fujio merupakan nama manga komikus Jepang. Nama ini merupakan milik Fujimoto Hiroshi dan Abiko Moto. Ciptaannya yang melegenda tentu saja si robot tikus gendut, Doraemon. Fujimoto Hiroshi meninggal pada 1996 di usia 62 tahun. Semenjak meninggalnya Fujimoto-san, pada karya mereka berdua diberi nama sebagai Fujiko F. Fujio. Sedangkan karya Abiko-san saja menggunakan nama Fujiko A. Fujio. Fujiko A. Fujio saat ini berusia 85 tahun. Taukah kamu Abiko-san juga menciptakan Ninja Hatori lho!

2001 – Bom Plaza Atrium Senen 

Tahun 2001 dua Bom meledak di Plaza Atrium Senen untuk kedua kalinya. Sebelumnya, bom pernah meledak di tempat yang sama pada 1 Agustus 2001. Dua ledakan berselang 25 menit saja berasal dari mobil yang terparkir. Salah satu pelaku yang terlibat dalam bom ini adalah Hari Kuncoro. (Info mengenai Hari Kuncoro dari link ini)

Jadi, banyak ya peristiwa yang terjadi di tanggal ini. Kamu gak mau bikin peristiswa spesial di 23 September ini? Misalnya nembak gebetan gitu, atau ngelamar pacar yang udah digantungin bertahun-tahun. Atau mau cerita aja ama Admin ruangobrol? Boleh banget! Cek kanan bawah ada buat ngobrol disitu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like