Menikmati Gemercik Air Terjun di Gondoriyo Semarang

By

Akhir pekan selalu menyenangkan. Apalagi jika diisi kegiatan-kegiatan yang membuat bahagia. Salah satunya adalah pergi berwisata. Wuih wisata Coy! Kayak orang kaya aja!

Eits tapi wisata kali ini nggak mahal loh! Nggak percaya? Coba aja ke Curug Gondoriyo Semarang, lokasinya di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Wisata alam air terjun di Kota Semarang ini masuknya cuma bayar tiket Rp5000 per orang!

Curug itu artinya air terjun, berasal dari bahasa Jawa. Curug Gondoriyo ini tingginya sekira 20meter, airnya tak terlalu deras. Sumbernya berasal dari Sungai Bukit Semarang Baru menyambung ke Sungai Bringin. Obyek wisata ini baru diresmikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada Februari 2019 lalu.  

Saat berkunjung ke sana pada Sabtu (24/8/2019), masih tampak beberapa pembangunan sarana prasarana di komplek curug. Fasilitas yang tersedia di sana, sudah ada toilet, beberapa bangku untuk bersantai maupun sebuah gazebo kecil yang bisa disewa.

Di sekitaran curug, dipasang lampu-lampu. Kalau malam, tentu akan menarik. Saat siang hari, udara di sana terasa sejuk, karena banyak pepohonan.

Kalau pengunjung merasa lapar maupun haus, di sana menyediakan aneka makanan dan minuman. Mulai dari yang modern sampai tradisional yakni Nasi Bleduk dan Wedang Sinom.

Nasi Bleduk ini dibungkus dengan daun jati atau daun pisang. Makanan khas desa setempat. Sementara Wedang Sinom berbahan daun asam muda, yang dipercaya punya khasiat melawan masuk angin hingga kolesterol jahat.

Curug ini dibuka mulai pagi sampai malam hari, karena memang menawarkan pemandangan indah air terjun terkena sorot cahaya lampu. Pada event-event tertentu, pengunjung bisa menikmati aneka upacara maupun kegiatan adat setempat.

Lokasi curug ini cukup mudah dijangkau. Kalau dari pusat Kota Semarang, di daerah Simpanglima, berjarak sekira 30 menit. Lokasi tepatnya, masuk ke Jalan Prof Hamka Ngaliyan, terus ke selatan, sebelum Lapas Kelas I Semarang alias Lapas Kedungpane belok kanan masuk sekira 2 km. Setelah melewati Jembatan Gondoriyo, kemudian masuk ke perkampungan. Sampailah di curug tersebut.

Nah bagi sobat ngobrol yang lokasinya dekat Semarang atau di Kota Semarang ataupun yang sedang liburan di Kota Semarang, tak ada salahnya menikmati curug yang satu ini. Hati jadi adem, pikiran kembali segar.

 

FOTO EKA SETIAWAN

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like