Menikmati Kereta Sambil Minum Kopi di Malioboro

By

Malioboro dan Yogyakarta adalah satu helaan nafas. Tak bisa dipisahkan. Semua yang melengkapi liburan; mulai dari hiburan termasuk musisi jalanan, suvenir, sampai tempat nongkrong ada di sana.

Salah satu yang favorit di Malioboro adalah Loko Coffee Shop. Lokasinya di ujung Jalan Malioboro, mengusung konsep semi outdoor. Minum kopi di sini, kalian bisa melihat lalu lalang kereta api yang melintas.

Kafe ini awalnya hanya terdapat di stasiun saja, salah satunya Stasiun Tugu Yogyakarta. Lalu, PT. Reska Multi Usaha selaku anak perusahan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan kafe ini di lokasi yang lebih strategis.

Slogan kafe ini gampang diingat; medang, madhang dan jagongan. Artinya minum, makan dan nonkrong.

Kafe ini ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Untuk sajian yang dihadangkan pastinya menu kopi yang menjadi andalan, mulai dari robusta sampai arabika. Namun bagi kamu yang kurang suka kopi, banyak juga pilihan minuman seperti aneka jus buah, milkshake, sampai squash.

Makanan yang dihadirkan juga beragam, dari luar negeri maupun makanan Nusantara, seperti nasi goreng jawa, bakmi godhog, brongkos dan lainnya, saya sendiri memesan nasi goreng tuna dan segelas americano, serta singkong keju sebagai makanan penutup.

Harga yang ditawakan juga relatif murah dari Rp10ribu sampai Rp45ribu saja. Itu juga sudah plus bonus menikmati live musik.

Tapi sayang, ketika saya ke sana, tidak ada live musik, karena datang terlalu malam. Live musik dimulai pukul 20.00 WIB dengan band lokal sebagai hiburanya.

Saya tidak sendiri di kafe ini, ditemani oleh teman saya yang kebetulan orang Jogja asli, bernama Salafudin yang kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam sepekan ia bisa mengunjungi cafe ini lebih dari 3 kali, untuk mengerjakan skripsinya, tempat yang nyaman di tambah nuansa kereta api yang khas membuatnya betah berlama-lama.

“Tempate penak mas, nyruput kopi sambil ndhelok kereto lewat, hargane yo murah ora larang, penak lah buat nongkrong sambil ngerjake skripsian hahaha ( tempatnya enak mas, minum kopi sambil lihat kereta lewat, harganya juga murah tidak mahal, enak pokonya buat nongkrong sambil ngerjain skripsi hahaha),” ujar Salafudin

Seperti yang kita tahu sejarah kereta api tidak lepas dari zaman penjajahan, di mana dipakai sebagai moda transportasi andalan untuk mengangkut batu bara, hasil pertanian, rempah-rempah dan lainnya. Selain itu kereta api juga sebagai sarana transportasi perjuangan bangsa indonesia menuju kemerdekaan.

ingat dengan gerbong kereta bertuliskan “merdeka ataoe mati” , di kafe ini juga terdapat gerbong kereta bertuliskan slogan semangat juang tersebut.

Selain itu, gerbong kereta berwarna hijau dan putih ini terdapat tulisan ” selaloe ada tjalan untuk merdeka “, hantjoerkan moesoeh kita” tulisan tersebut dapat mengikat kita bagaimana semangat juang pendahulu kita untuk mencapai perdamaian di Indonesia.

Kafe ini buka 24 Jam jadi buat kamu yang bingung setelah capek berjalan dan berbelanja di Malioboro, bisa datang ke sini.

Jangan lupa ajak teman atau pacar, bagi kamu yang jomblo siapa tau ketemu jodoh di sini.

 

Penulis: Fiqoh Abdullah

SUMBER FOTO: Putra Rizki

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like