Nostalgia di Pasar Dugderan

By

Marhaban ya Ramadan!

Kira-kira sepekan lagi, sudah masuk bulan Ramadan. Bulan yang bagi umat Muslim menjadi istimewa, karena selama sebulan ada kewajiban berpuasa.

Di Indonesia, kedatangan Ramadan ada berbagai tandanya. Misalnya: di mini market-mini market bertebaran biskuit kalengan  dan kurma, dipajang di sisi paling depan rak jualan. Iklan-iklan sirup sudah mulai berseliweran baik di televisi maupun media sosial.

Iklan-iklan jualan tiket mudik juga sudah ramai, selain berita-berita tentang persiapan jalur dan arus mudik yang bertebaran di media massa.

Pun di sejumlah wilayah di Indonesia juga ada tradisi-tradisi menyambut kedatangan Ramadan. Salah satunya di Kota Semarang.

Di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini, ada tradisi Dugderan. Tradisi ini ada rangkaiannya, ditandai dengan digelarnya Pasar Dugderan hingga nanti Kirab Dugderan yang jadi tanda H-1 Ramadan alias esoknya sudah mulai puasa.

Nah, Pasar Dugderan ini sudah mulai digelar di Kota Semarang saat ini. Coba saja tengok di Kawasan Pasar Johar Semarang, dekat Masjid Agung Kota Semarang. Pasar Dugderan akan digelar sampai sekira 6 hari ke depan, akan berakhir ketika diadakan Kirab Dugderan.

Pasar itu diwarnai dengan adanya berbagai wahana permainan, misalnya; kora-kora, komedi putar, tong setan sampai bianglala.

Pedagang Pasar Dugderan juga menjajakan berbagai jajanan sampai mainan anak-anak, mulai dari alat masak-masakan, kapal otok otok, juga gangsingan. Salah satu yang khas pedagang Dugderan adalah mainan dari gerabah.

Semuanya tumpah ruah di sana, penuh suka cita. Tak peduli orang mana, termasuk para warga keturunan Tionghoa, maklum di dekat lokasi itu adalah Kawasan Pecinan. Semuanya berbaur, baik jadi penjual maupun pengunjung Pasar Dugderan.

Pasar Malam Dugderan adalah salah satu potret bagaimana warga Semarang hidup dalam kerukunan, meski berbeda latar belakang.

Sesekali cobalah main ke Pasar Malam Dugderan Semarang, sekaligus bernostalgia dengan masa kecil lewat berbagai mainan tradisional yang sudah jarang ditemui.

 

FOTO EKA SETIAWAN

Pasar Malam Dugderan sudah mulai digelar di Kota Semarang, di Kawasan Pasar Johar, Minggu (28/4/2019) malam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like