Ruangobrol Raih Intercultural Achievement Award di Vienna

News

by Administrator

Malam itu, Selasa, 18 Oktober 2022, ruangan yang tidak terlalu besar di Klub Musik & Jazz Porgy & Bess itu penuh sesak. Tamu-tamu utama dari acara malam itu utamanya adalah pemenang Intercultural Achievement Award (IAA) tahun 2021 dan 2022 yang diselenggerakan Pemerintah Austria.

Sebagian tamu disertai oleh duta besar negara masing-masing. Ruangobrol.id hadir karena menjadi pemenang IAA tahun 2021 dalam kategori Media. Sedianya penghargaan tersebut akan diserahkan tahun lalu di Vienna, tetapi beberapa hari sebelumnya dibatalkan karena tiba-tiba pemerintah Austria menerapkan lockdown ­karena meningkatnya kasus Covid-19 waktu itu. Karena itu semua pemenang IAA tahun 2021 tetap dihadirkan pada penganugerahan pemenang tahun 2022 ini.

[caption id="attachment_14424" align="alignnone" width="894"] Duta Besar Damos Dumoli Agusman, Putut Widjanarko, dan Sekjen Kementerian Luar Negeri Austria Peter Launsky-Tieffenthal (Foto: Ricky Ihsan)[/caption]

Ruangobrol.id hadir diwakili oleh Putut Widjanarko, salah satu anggota board Ruangobrol. Dalam malam penganugerahan itu, hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Austria & Slovenia, Damos Dumoli Agusman, beserta dua diplomat lain yaitu Ricky Ichsan dan Fauziah Rahman Muin. Karena sudah menerima penghargaan lewat Kedutaan Austria di negara masing-masing, maka pemenang tahun 2021 diperkenalkan oleh pembawa acara dan diminta berdiri.

Sedangkan pemenang tahun 2022 dipanggil ke atas panggung dan menerima penghargaan tersebut. Di pengujung acara, semua pemenang dari tahun 2021 dan 2022 berfoto bersama di panggung. Pada kesempatan itu Putut Widjanarko, beserta Duta Besar Damos Dumoli Agusman, sempat berbincang sebentar dengan orang kedua di Kementerian Luar Negeri Austria, yaitu Sekretaris Jenderal Peter Launsky-Tieffenthal.

Dialog of Cultures

Keesokan harinya, Rabu 19 Oktober 2022, semua peserta berkumpul di Kantor Kementerian Luar Negeri Austria untuk saling mempresentasikan kegiatan lembaga masing-masing. Dipimpin oleh Alexander Rieger, salah seorang Wakil Direktur Kementerian Luar Negeri Austria yang membawahkan Gugus Tugas “Dialog of Cultures”, diskusi berlangsung menarik, serta menjajaki kemungkinan saling kerja sama antarpemenang. Para peserta mengapresiasi pendekatan program-program kontra-narasi radikalisme Ruangobrol yang terutama melibatkan “the credible voices”, yaitu individu-individu yang sebelumnya pernah terlibat atau terkait dengan pemahaman dan bahkan aksi-aksi kekerasan (terorisme).

[caption id="attachment_14425" align="alignnone" width="1600"] Diksusi dan presentasi di Kantor Kementerian Luar Negeri Austria (Foto: Samridhi Arora)[/caption]

Dalam diskusi-diskusi networking tersebut, ada beberapa hal yang bisa ditindaklanjuti untuk memperluas kegiatan-kegiatan Ruangobrol.id. Misalnya, Ruangobrol bisa menindaklanjuti Kerjasama dengan Arab Culture and Arts Network, diwakili oleh Kasssem Istanbouli, yang menyelanggarakan festival-festival film di Libanon. Untuk film-film dokumenter pendek yang sudah dan akan diproduksi, Ruangobrol bisa juga memanfaatkan platform 99.media dari Perancis, diwakili oleh Lena Roche, pemenang kategori media tahun 2022 ini.

BACA JUGA: Lika-Liku Menjadi Credible Voices: Refleksi Empat Tahun Kebebasan (1)

Selain itu, bisa juga ditindaklanjuti diskusi untuk saling berbagi pengalaman dengan Future Prowess Islamic Foundation dari Nigeria, yang diwakili oleh Zannah Bukar Mustapha, yang sudah berhasil memediasi antara Pemerintah Nigeria dan gerakan Boko Haram untuk mengembalikan anak-anak perempuan yang diculik.

BACA JUGA: Lika-Liku Menjadi Credible Voices: Refleksi Empat Tahun Kebebasan (2-habis)

Penghargaan International Achievement Award dari Pemerintah Austria ini, tak pelak lagi, merupakan apresiasi yang tinggi bagi Ruangobrol.id dan menjadikannya lebih luas berjejaring dalam upaya-upaya sejenis dalam skala global. Bukan saja dalam bidang pencegahan radikalisme melalui upaya-upaya kontra-narasi, tetapi dalam wilayah dialog antarbudaya yang lebih luas lagi. (*)

Komentar

Tulis Komentar