Satu Napiter Lapas Slawi Ikrar NKRI

News

by Eka Setiawan

Narapidana terorisme (napiter) melepaskan diri dari baiat kelompok lamanya kembali dilakukan di Jawa Tengah. Setelah 11 napiter Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan ikrar setia NKRI, kini aksi serupa terjadi di Lapas Kelas IIB Slawi.

Napiter di Lapas Slawi yang ikrar NKRI itu bernama Dedi Kurniawan alias Cakar (32) vonis pidana 3 tahun. Ini sesuai nomor putusan 1021/PID.SUS/2021/PN.JKT.TIMUR tanggal 20 April 2022. Kegiatan itu dilakukan Rabu (8/2/2023).

Informasi yang dihimpun, napiter yang menyatakan ikrar NKRI itu dulunya anggota sebuah ormas yang kini sudah dibubarkan pemerintah. Dia menghadiri pertemuan di Ponpes Almuqorrobun Pengalengan Bandung, terlibat pembahasan pembuatan dan perencanaan aksi teror dengan bom.

Napiter Dedi Kurniawan ini diketahui tinggal di Desa Sukamana, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung. Pada perkembangannya di proses pembinaan, Dedi akhirnya mau kooperatif dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan memahami untuk hidup toleran.

“Prosesi ikrar dilakukan di aula Lapas Kelas IIB Slawi mulai sekira pukul 13.00 WIB,” ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Supriyanto, Rabu (8/2/2023) malam.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Lapas Slawi Winarso, perwakilan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham, perwakilan dari Unit Identifikasi dan Sosialisasi (Idensos) Satgaswil Jawa Tengah Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brimob Polda Jawa Tengah, Rohaniwan dari Kemenag Kabupaten Tegal dan perwakilan Kodim 0712/Tegal.

Supriyanto menambahkan kegiatan ikrar setia NKRI itu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh napiter, perwakilan saksi-saksi dan disahkan oleh Kalapas Slawi. Rangkaiannya juga ada pembacaan teks Pancasila oleh Kalapas diikuti napiter, penghormatan dan penciuman bendera merah putih, pengucapan yel-yel NKRI.

(baca juga: Lepas Baiat Amir ISIS, 11 Napiter Lapas Karanganyar Nusakambangan Ikrar Setia NKRI)

Komentar

Tulis Komentar