Kapolres Sukoharjo Minta Orangtua Pantau Aktivitas Medsos Anak-anaknya

News

by Eka Setiawan

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengajak masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing. Selain itu, Wahyu juga mengajak para orangtua untuk memantau aktivitas media sosial (medsos) anak-anaknya.

Hal itu diungkapkan Wahyu saat Safari Salat Jumat di Masjid Walisongo, Desa Singopuran, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (27/1/2023). Didampingi para pejabat utama (PJU) Polres Sukoharjo, Wahyu memperkenalkan diri kepada para jamaah yang hadir di masjid tersebut.

"Salah satu contoh permasalahan yang sering kita hadapi adalah tentang maraknya pemuda-pemuda yang kerap melakukan balap liar di wilayah Kartasura. Di sini kita mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama dapat mengantisipasi hal tersebut, karena balap liar juga mengganggu kenyamanan," kata Wahyu pada keterangannya yang diterima ruangobrol.id, Jumat petang.

Polres Sukoharjo, sebut Wahyu, tidak kurang berupaya dalam melakukan tindakan dan antisipasi terhadap aksi balap liar itu.

"Namun lebih baik lagi jika pihak keluarga yang mengantisipasi agar anak-anak tidak ikut-ikut dalam giat balap liar tersebut," tuturnya.

(baca juga: Sambut Natal, Polres Sukoharjo Gelar Jumat Bersih Ajak Eks Napiter Bersihkan Gereja)

Lebih lanjut, Wahyu juga mengimbau kepada orang tua agar mengawasi pergaulan putra-putrinya dalam bermedsos. Sebab dengan media sosial dapat menghubungkan kita dengan berbagai macam orang yang bahkan belum kita kenali.

"Medsos seperti pedang bermata dua. Apabila digunakan dengan baik akan menimbulkan manfaat, dan apabila digunakan untuk kegiatan negatif juga akan menimbulkan hal yang buruk," jelasnya.


 

[caption id="attachment_14988" align="alignnone" width="1600"] Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan berbincang santai dengan para jamaah Salat Jumat.[/caption]

Menurutnya, keluarga adalah unit terkecil yang dapat menjadi benteng memilah arus informasi yang diterima melalui tradisi dan cara khasnya sendiri yang dimiliki tiap keluarga.

“Pembinaan ditingkat keluarga akan mempersempit ruang tindakan yang mengarah pada tindakan negatif," tandas Wahyu.

Sementara itu, Wahyu menyebut kegiatan Safari Salat Jumat itu sebagai upaya silaturahmi untuk mempererat hubungan Polri dengan masyarakat, memperpanjang umur dan menambah rezeki.

Pada kegiatan itu, Wahyu juga menyampaikan bahwa Polres Sukoharjo mempunyai layanan kepada masyarakat berupa layanan Call Center dengan nomor 110, maupun WA Lapor Pak Kapolres di nomor HP 081234342003 di mana masyarakat dapat berkonsultasi tentang keamanan dengan tujuan menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Sukoharjo.

 

Komentar

Tulis Komentar