Dua Napiter Lapas Magelang Ikrar NKRI

News

by Eka Setiawan

Dua orang narapidana tindak pidana terorisme (napiter) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Magelang mengucapkan ikrar setia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rabu 11 Januari 2023. Mereka melakukan ikrar karena kesadaran diri tanpa paksaan.

Informasi dari Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Jawa Tengah, ikrar dua napiter itu dilakukan di Ruang Pendidikan Lapas Magelang. Seremonialnya dimulai membaca teks Pancasila kemudian dilanjutkan cium bendera merah putih. Kemudian mereka menandatangani pernyataan ikrar.

Penandatanganan ikrar yang mereka ucapkan juga ditandatangani Plt. Kalapas Magelang Kusbiyantoro, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), perwakilan Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri, PK Bapas dan dari Kementerian Agama setempat.

Kusbiyantoro mengucapkan selamat kepada kedua napiter yang telah kembali ke pangkuan NKRI. Dia berharap dengan terselenggaranya acara ini dapat memperkuat rasa nasionalisme.
"Saya merinding juga rasanya menyaksikan, karena memang kita patut hargai,"ucap Kusbiyantoro pada keterangannya, Rabu.  

Dia juga berharap melalui kegiatan ini dapat membantu mengintegrasikan warga binaan sebelum kembali ke lingkungan masyarakat.

(Baca juga: Tiga Napiter Kelompok JAD Ikrar Setia NKRI di Nusakambangan)

Adapun identitas napiter yang ikrar NKRI hari itu di Lapas Magelang; Abdul Rauf Al Fansuri alias Abdi alias Aang Kunafi alias Andul Rouf alias Eko (39) warga asli Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Dia dulu tergabung dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI) Jawa Timur.

Satu lagi adalah Abdul Kadir alias Kadir alias Abu Wafa alias Abu Wiryas (53), warga Kabupaten Mereauke, Provinsi Papua. Dulu tergabung jaringan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Merauke.

 



Acara itu dihadiri secara langsung oleh Wakapolres Magelang Kota Kompol Ferdi Kastalani, Danramil 1 Kota Magelang Mayor Inf Yakobus Toto, Kepala Bapas Kelas II Magelang Sapto Isnugroho, Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang H. Sofyan Nur, Kepala Kesbangpol Kota Magelang Agus Satiyo Hariyadi, Perwakilan dari Kepala BNPT, Perwakilan dari Kepala BIN, dan Perwakilan dari Kepala Densus 88/Antiteror Polri.  

Komentar

Tulis Komentar