The Redirect Initiative’s Workshop: Ruangobrol di London

English Version

by Administrator

Bulan lalu, delegasi staff ruangobrol menghadiri undangan workshop dari Perusahaan Teknologi Meta dengan program The Redirect Initiative yang diadakan di Meta Brock Street Office, London, Inggris pada tanggal 14-15 November 2022.

The Redirect Initiative ini adalah salah satu dari program Counterspeech milik Perusahaan Meta (lebih di kenal Facebook) dengan tujuan untuk membantu memerangi ekstremisme kekerasan dan organisasi berbahaya dengan mengalihkan istilah penelusuran terkait kebencian dan kekerasan ke sumber daya, pendidikan, dan kelompok penjangkauan yang dapat membantu.

Ruangobrol sebagai salah satu partner Meta dalam program ini datang mewakili Asia Tenggara untuk bekerjasama dalam menanggulangi ekstremisme kekerasan di dunia maya. Portal Ruangobrol dinilai mempunyai potensi yang besar bagi Meta sebagai partner untuk program pengalihan mereka.

Peserta lain yang turut berpartisipasi adalah Violence Prevention Network dari Jerman, Exit-UK dari Inggris, Shaoor Foundation dari Pakistan, MythosLab dari India dan Life After Hate dari Amerika Serikat.

Workshop ini di fasilitasi oleh tim Meta Inggris dan Moonshot United Kingdom yang merupakan lembaga teknologi startup kompeten yang bergerak dalam memerangi ekstremisme kekerasan di dunia digital. Selama dua hari, partner-partner dari program Counterspeech pilihan Meta mendapatkan wawasan dan informasi luar biasa, salah satunya adalah  kesempatan untuk diskusi dengan perwakilan Global Internet Forum for Counter Terrorism (GIFCT).

HARI PERTAMA

Workshop hari pertama dimulai pada pukul 9 pagi waktu Inggris. Jarak dari hotel menuju kantor Meta tidak jauh, jarak tempuh 15-20 menit berjalan kaki. Namun, cuaca London tidak mendukung para peserta untuk berjalan, karena gerimis disertai angin yang cukup kencang, para peserta memutuskan untuk memesan transportasi online.

Meta Brock Street Office berada di bangunan perkantoran khas Inggris yang indah. Dengan keramahan tim Meta, pembukaan hari pertama dengan memperkenalan diri dan organisasi dari masing-masing peserta membuat diskusi workshop dari pagi hingga sore menjadi hangat.

Acara pagi dibuka dengan perkenalan dari tim Meta dan peserta workshop. Mayoritas peserta yang berasal dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Inggris dan Jerman memiliki fokus ekstremisme yang menitik-beratkan ke Right-Wing Extremism (ekstrimisme sayap kanan), Neo-Nazi dan lain-lain. Kemudian, ada peserta dari India memiliki fokus kerja ke Hindu Nasionalisme, dan masih membahas juga tentang kekerasan dari agama lain seperti Islam.

[caption id="attachment_14790" align="alignnone" width="768"] (Co-Founder Kreasi Prasasti Perdamaian dan Ruangobrol, Dr Noor Huda Ismail ikut serta dalam pembukaan Workshop ini via online Zoom dari Singapura)[/caption]

Di sisi lain, Ruangobrol dari Indonesia dan Shaoor Foundation dari Pakistan adalah dua organisasi dari Asia yang mempunyai persamaan dalam fokus kerja yaitu bergerak dalam memerangi ekstremisme kekerasan yang diasosiasikan dengan agama Islam.

Dalam workshop hari pertama, kami mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih mendalam tentang pentingnya landing page dalam mendukung efektivitas program Redirect Initiative. Selain itu, kami juga mendapatkan kisi-kisi dalam penggunaan google analytics, hal ini sangat penting untuk memahami algoritma pencarian (searching keywords) dan juga target audience agar tepat sasaran. Tidak hanya mendengarkan, dalam kesempatan hari ini setelah mendapatkan penjelasan secara teori, kami dibimbing langsung untuk praktek penggunaan features tersebut.

Sesi hari pertama ditutup dengan diskusi terbuka tentang dua topik di atas.

HARI KEDUA

London memang sangat terkenal dengan gerimisnya, dengan sendu pagi di kota ini seluruh peserta dan tim Meta tetap bersemangat untuk mendapatkan ilmu baru dan berdiskusi. Hal ini terlihat dari peserta yang datang lebih awal dari jadwal workshop.

Hari kedua dimulai oleh pembicara tamu dari Global Internet Forum to Counter Terrorism (GIFCT). GIFTC adalah sebuah badan organisasi yang sudah sangat terpercaya dan lihai dalam mencegah aksi teroris dan ekstremisme kekerasan di dunia digital. Mereka sudah bekerjasama dengan perusahaan teknologi ternama, pemerintah, akademisi dan banyak lainnya.

[caption id="attachment_14791" align="alignnone" width="768"] Dr Erin Saltman, Director of Programming dari GIFCT memberikan paparannya.[/caption]

Diskusi yang diangkat oleh GIFCT adalah tentang pentingnya visual dalam meningkatkan narasi untuk memerangi ekstremisme di dunia digital. Mereka menekankan bahwa nilai-nilai visual seperti video dan foto akan lebih menarik dan mengikat (engage) pengguna sosial media untuk mengklik informasi.

Sesi kedua dilaksanakan setelah makan siang. Pada sesi ini, perwakilan tim dari Meta memaparkan informasi lebih detail tentang departemen-departemen dan juga berbagai macam program yang  pernah dilaksanakan oleh tim Meta selama ini. Termasuk di dalamnya adalah penjabaran tentang kebijakan mengenai program Redirect Initiative yang dipimpin oleh tim dari Dangerous Organisation and Individual (DOI) Meta yang menjadi host pada workshop dua hari kali ini di London.

Setelah mendengarkan penjabaran dari tim DOI Meta, selanjutnya diadakan sharing session antara seluruh peserta workshop. Peserta-peserta ini dipecah menjadi 5 grup, yang setiap grupnya berisi dari dua organisasi berbeda dan dilakukan rotasi. Pada kesempatan pertama, delegasi Ruangobrol berdiskusi lebih dekat dengan delegasi dari Violence Prevention Network dari Jerman. Kemudian dirotasi kedua, delegasi Ruangobrol mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan Exit UK dari Inggris.

BACA JUGA: Ruangobrol Raih Intercultural Achievement Award di Vienna

Dari diskusi antar organisasi tersebut, bisa dipahami bahwa apapun background dan fokus kerja (agama atau ideologi) kami, narasi mempunyai peran penting. Kami percaya bahwa kekuatan narasi bisa mempengaruhi individu untuk masuk ke lingkaran ekstremisme kekerasan. Namun, kami pun percaya bahwa kekuatan narasi mampu membantu individu yang terjerat ekstremisme kekerasan untuk keluar dari lingkungan ekstrem.

Rangkaian workshop Redirect Initiative di Meta Inggris ini diakhiri dengan membahas rencana-rencana kerja di 2023. Setiap organisasi yang ikut serta memberikan ide-ide spesifik yang mewakilkan negara mereka yang akan menjadi fokus kerja di 2023.

Pukul 5 sore waktu London, acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan sesi foto bersama. (*)

***

Nawridho A. Dirwan is a Research & Development Officer at Kreasi Prasasti Perdamaian and Ruangobrol.id

Komentar

Tulis Komentar