Singa Atlas yang Tetap Juara di Hati Penggemar

News

by Arif Budi Setyawan

Timnas Maroko pada akhirnya memang gagal meraih juara ketiga Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Kroasia dengan skor 1-2 pada Sabtu malam (17/12/2022). Tetapi tim berjulukan Singa Atlas itu tampaknya tetap menjadi juara di hati para penggemar Piala Dunia 2022.

Bagaimana tidak, perjalanan Maroko mengarungi Piala Dunia 2022 bak dongeng indah yang diciptakan Walid Regragui sebagai pelatih. Banyak yang tidak menyangka bahwa perjalanan Maroko terasa luar biasa di panggung Piala Dunia 2022 Qatar.

Aksi-aksi menawan para pemainnya baik dalam pertandingan maupun di luar pertandingan juga sukses menarik perhatian dunia. Sebut saja kelincahan dan ketangguhan bek kanan Maroko Achraf Hakimi yang memukau di lapangan berpadu dengan kebiasaannya yang selalu merayakan kemenangannya dengan mendatangi ibunya di tribun penonton. Ibunya yang kemudian menyambut dengan pelukan dan ciuman membuat penonton di seluruh dunia seakan disuguhi pertunjukan drama yang sangat epik dan belum pernah terjadi pada gelaran piala dunia sebelum ini.

Bagi sebagian umat Islam di dunia, kesuksesan Maroko di piala dunia kali ini juga dianggap mewakili kemenangan umat Islam di kancah piala dunia. Banyak fans dadakan dari umat Islam yang mendukung Maroko sejak keberhasilan mereka keluar sebagai juara grup dalam babak penyisihan grup.

Perjalanan Timnas Maroko




[caption id="attachment_14773" align="aligncenter" width="650"] Ilustrasi[/caption]

Di babak penyisihan grup Maroko berada di grup F yang dianggap oleh banyak pihak sebagai salah satu grup neraka karena ada Belgia dan Kroasia, serta Kanada yang tidak bisa dianggap remeh. Namun Maroko bisa finish sebagai pemuncak klasemen grup F setelah mengalahkan Kanada (2-1), Belgia (2-0), dan bermain imbang 0-0 melawan Kroasia.

Kemudian pada babak 16 besar, Maroko sukses mengandaskan perjuangan Spanyol lewat babak adu penalti (3-0). Lalu yang paling mengejutkan, Maroko membuyarkan impian Cristiano Ronaldo bersama Portugal di babak perempat final dengan skor 1-0. Keberhasilan Maroko menyingkirkan Spanyol dan Portugal akhirnya membuat mereka lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Maroko pun berhasil mengukir sejarah menawan dengan menjadi tim pertama Afrika yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia. Setelah gelaran piala dunia 2022, Maroko dipastikan akan mencapai posisi terbaiknya dalam sejarah ranking FIFA.

Sekilas Tentang Negara Maroko

Maroko adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai yang cukup panjang di Samudera Atlantik. Memiliki populasi lebih dari 37,8 juta dan luas wilayah 446.550 km persegi. Ibu kotanya adalah Rabat dan kota terbesarnya adalah Casablanca.

Secara geografis, Maroko memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Maroko merupakan salah satu dari hanya tiga negara (dengan Spanyol dan Prancis) yang memiliki garis pantai di Samudra Atlantik dan juga di Laut Mediterania.

Maroko termasuk negara yang kaya akan budaya. Oleh karenanya, negara ini menjadi tempat pertemuan budaya dari berbagai macam bangsa. Yaitu, dari daerah timur (Benua Asia) yang meliputi kebudayaan bangsa Punisia, Tunisia, Yahudi, dan Arab.

Sedangkan dari utara (Benua Eropa), terdapat bangsa Romawi, Vandal (Jerman), dan Andalusia (Spanyol). Dari daerah selatan, terdapat kebudayaan yang berasal dari wilayah gurun Sahara.

Islam adalah agama terbesar di Maroko, dengan persentase sekitar 98,7 persen dari populasi penduduk negara. Islam pertama kali dibawa ke Maroko pada tahun 680 M melalui penaklukan dari Arab di bawah Uqba ibn Nafi, seorang jenderal yang bertugas untuk wilayah Damaskus di bawah pemerintahan Bani Umayyah.

Dalam sejarah, Maroko memegang peran penting terhadap penyebaran agama Islam di wilayah Afrika Utara. Negeri ini juga menjadi pintu gerbang masuknya Islam ke Spanyol, Eropa. Dari Maroko inilah panglima muslim, Tariq Bin Ziyad menaklukkan Andalusia dan mengibarkan bendera Islam di daratan Eropa. (Diolah dari berbagai sumber)

Komentar

Tulis Komentar