Jangan Lewatkan Fenomena Parade Planet Bulan April 2022

By

Beberapa hari terakhir di April 2022 ini, mata kita akan dimanjakan dengan fenomena astronomi yang bisa dibilang jarang terjadi, yaitu parade planet.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari parade merupakan pawai barisan tentara, kontingen olahraga dan sebagainya ( pada upacara atau perayaan). Wah, kalau parade planet artinya bakal ada pawai baris berbaris planet-planet, nih!.

Dari pengamatan Bumi, kita bisa melihat formasi garis lurus di langit timur. Jika dilihat dari bawah ke atas, maka urutannya Jupiter, Venus, Mars, Saturnus berbaris lurus layaknya pawai. Berdasarkan postingan di Instagram Observatorium Bosscha, parade planet ternyata sudah terjadi sejak 22 April.

Observatorium Bosscha yang berlokasi di Bandung Jawa Barat merupakan observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, dan fokus dalam kontribusi pengembangan astrofisika dalam topik bintang, tata surya, dan galaksi. Bosscha berada di bawah naungan FMIPA ITB.

Bosscha menambahkan bahwa pada tanggal 25 April, Bulan selaku satelit Bumi akan bergabung dalam parade ini. Menariknya lagi, pada tanggal 26 April Bulan akan berpindah dekat Mars, dan Venus pada 27 April mendatang.

Sayangnya, pada tanggal 25 April saya gagal melihat parade planet ini dikarenakan sedang di lokasi yang terdapat gedung-gedung tinggi sehingga kesulitan melihat langit luas. Sedangkan saya berada di lantai dasar.

Di sisi lain, saudara saya bisa melihat fenomena tersebut dan mengabadikannya lewat handphone, namun resolusi atau hasil tidak terlalu jelas. Dia berhasil melihat bulan sedang berada di dekat planet Saturnus.

Oh ya! sebagaimana postingan di Instagram Observatorium Bosscha kita masih bisa melihatnya di tanggal 26 April ini dan 27 April besok. Jadi, Sobat ngobrol jangan sampai ketinggalan,ya!.

Dilansir dari Tempo , Ibu Yatny Yulianti selaku astronom dan juru bicara Observatorium Bosscha memberikan paparan cukup detil mengenai fenomena parade planet ini, seperti :

Parade planet, adalah fenomena yang jarang terjadi. Jika semakin banyak planet yang tampak maka semakin jarang kesempatannya.

Pada planet Venus dan Jupiter juga akan semakin mendekat hingga puncaknya terjadi konjungsi pada 1 May 2022 mendatang. (Konjungsi adalah peristiwa saat 2 atau lebih benda tampak seolah berdekatan di langit bumi)

Waktu pengamatan terbaik pada pukul 03.30 WIB sampai sebelum matahari terbit. Selama langit dan cuacanya sedang cerah (Bertepatan dengan waktu sahur,nih. Makin seru sahur sambil ngelihatin parade planet, hihi).

Parade planet pada Juli 2020, terdapat 3 planet yaitu Merkurius, Venus, dan Mars

Bulan April 2022, tampak 5 planet yaitu Jupiter, Saturnus, Mars, Venus dan Merkurius.

Masih dalam liputan Tempo, penjelasan menarik lainnya tentang parade planet ini, datang dari seorang pegiat astronomi dari Komunitas Langit Selatan di Bandung, Avivah Yamani. Parade planet jarang terjadi, artinya tidak setiap bulan terlihat fenomena planet berjajar dalam garis lurus. Avivah menambahkan, bahwa selang dua bulan berikutnya dari 25 April ini akan terlihat lagi barisan-barisan planet. Sudah dapat diprediksi akan menampilkan formasi yang berbeda, yaitu planet Merkurius, Venus, Bulan, Mars, Jupiter, hingga Saturnus, akan tampak dalam kelurusan garis pada 24 Juni 2022.

Perlu kita ketahui, planet-planet yang berbaris sejajar ini sebenarnya hanya dilihat dari perspektif kita sebagai pengamat Bumi. Sebagaimana yang kita ketahui, tiap planet beredar di orbitnya masing-masing dan antar planet jaraknya sangat berjauhan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like