2022

Resolusi 2022

By

Sebagai sebuah wadah bagi banyak orang yang ingin berkarya, ruangobrol harus memiliki visi yang jauh ke depan. Dan, untuk mewujudkan visi itu harus dicapai secara bertahap. Salah satu teori untuk mewujudkan sebuah cita-cita atau target jangka panjang adalah menetapkan target dalam setahun ke depan.

Biasanya target setahun ke depan ditetapkan setiap awal tahun yang biasa disebut dengan resolusi. Penetapan target atau resolusi ini bisa menjadi motivasi yang kuat baik bagi perorangan maupun secara tim. Artinya semua akan semakin mudah bekerjasama mewujudkan target tersebut.

Apa resolusi ruangobrol untuk tahun 2022?

Apa yang akan dituliskan di sini bukan merupakan sesuatu yang telah disepakati oleh seluruh anggota tim. Tetapi setidaknya saya akan menuliskan resolusi ruangobrol versi saya pribadi yang semoga bisa menginspirasi anggota tim yang lain.

Resolusi ruangobrol versi saya hanya ada satu tetapi memerlukan kerja keras sepanjang tahun untuk mencapainya. Resolusi itu adalah: semua tim harus memiliki kemampuan kolaborasi yang excellent.

Kenapa kemampuan kolaborasi ini menjadi sangat penting?

Pertama, untuk mencapai hasil kerja terbaik dari sebuah kreativitas diperlukan kerja tim. Kerja tim mutlak membutuhkan kolaborasi di antara semua personel. Tetapi sayangnya kolaborasi itu mudah diucapkan namun seringkali sulit dilakukan.

Misalnya saja, di dalam tim ada yang merasa bahwa ia tidak perlu melakukan pekerjaan yang bukan menjadi bagiannya di saat ada anggota tim yang lain sedang butuh bantuan ekstra, dan dia bisa membantu, maka di sinilah kemampuan kolaborasi seseorang itu sedang diuji.

Kedua, karena ruangobrol merupakan sebuah industri kreatif yang mencoba membantu berbagai pihak menyelesaikan persoalan yang dihadapi melalui cara-cara kreatif. Kerja-kerja di ruangobrol itu bukan hanya seperti PH pada umumnya, yang setelah jadi produknya tinggal promosikan dan jual, selesai. Tapi harus ada tindaklanjut dari apa yang dihasilkan itu. Harus ada evaluasi dari dampak yang dihasilkan.

Ketiga, untuk memaksimalkan dampak dari apa yang telah dihasilkan oleh ruangobrol diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Baik dengan pihak yang membutuhkan bantuan ruangobrol maupun dengan pihak yang bisa membantu ruangobrol.

Keempat, kolaborasi adalah bagaimana membuat orang lain senang bisa bekerjasama dengan kita. Bukan hanya bagaimana orang lain bisa membantu atau menyenangkan kita. Mencari partner dan relasi baru harus berorientasi pada bagaimana kita bisa membantu persoalan yang dihadapi oleh partner atau relasi baru itu bersama-sama.

Kelima, kolaborasi adalah jalan menuju kebahagiaan bersama. Bukan kebahagiaan satu pihak namun ada pihak lain yang menderita. Dengan kata lain, dengan semangat kolaborasi yang benar kita bisa memangkas potensi terjadinya kezaliman di antara kita.

Itulah resolusi ruangobrol versi saya. Bahwa di tahun 2022 semua tim harus bisa berkolaborasi dengan baik. Baik kolaborasi di antara sesama anggota tim maupun dengan pihak lain. Terlalu banyak persoalan yang harus diselesaikan bersama-sama. Bagaimana bisa menyelesaikan persoalan bersama-sama bila tidak bisa berkolaborasi dengan baik?

Berbekal pelajaran yang didapatkan sepanjang tahun 2021, mari kita sambut tahun 2022 dengan semangat kolaborasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like