Madani International Film Festival 2021: Humor dalam Relaksasi Beragama

By

Melalui humor dan film, berbagai pesan moral hingga ajaran kebaikan bisa disampaikan lebih ringan sekaligus jenaka. Pesan ini yang coba diusung Madani International Film Festival 2021.

Gelarannya dimulai hari ini, Sabtu 27 November 2021 hingga 4 Desember 2021 mendatang. Dibuka dengan pemutaran film bertajuk “Pesantren” (2019) karya Shalahuddin Siregar di XXI Epicentrum Jakarta.

Meskipun film-film yang diputar bertema umat Muslim, gelaran ini tak ingin dipandang sebagai festival film khusus umat Muslim.

“Sebaliknya, melalui rangkaian film dan diskusi, Madani Film Festival ingin menembus batas – batas perbedaan yang ada,” ungkap Direktur Festival Madani International Film Festival, Sugar Nadia, konferensi pers virtual Jumat, 26 November 2021.

Tema yang diusung kali ini adalah “Light: Sufism and Humor”. Menangkat tema Muslim dari berbagai perspektif dan budaya di dunia. Pesan khususnya, di tengah pandemi Covid-19 melalui duka, kehilangan hingga rasa sakit ada semangat yang disampaikan dengan jenaka dalam film.

“Tema sufisme dan humor, dua istilah yang memberi ruang besar kegembiraan berekspresi serta renungan atas perjalanan religiositas,” tambah Board Festival Madani International Film Festival, Garin Nugroho.

Festival kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya selama empat tahun penyelenggaraan event. Madani secara konsisten dengan tagline Celebrating Muslim Diversity menghadirkan film – film yang mampu memunculkan ide – ide majemuk masyarakat madani.

Gelaran ini  diselenggarakan melalui dua acara, yaitu screening offline saat pembukaan dan penutupan, sedangkan selama festival akan dilakukan screening online. Penyelenggaran Madani tahun ini menayangkan 13 film dengan 7 tema diskusi yang berbeda menghadirkan narasumber Internasional; Hassan Abdul Muthalib dan Dag Yngvesson dari Malaysia hingga Amir Masoud dari Iran. Narasumber tanah air yang berkompeten juga hadir.

Sebagai penutup gelaran ini adalah diputarnya film berlatar Casablanca, Maroko berjudul “Casablanca Beats”. Film yang bertemakan musik rap ini merupakan nominator Cannes Film Festival 2021. Akan ditayangkan luring di XXI Epicentrum Jakarta.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like