Ruangobrol Sabet Juara Intercultural Achievment Award 2021 dari Austria

News

by Eka Setiawan

Ruangobrol.id menyabet juara dalam gelaran Intercultural Achievment Award (IAA) 2021 kategori media. Media yang berkantor di Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini terpilih sebagai pemenang dengan mengusung konsep "Alternative Narrative from Credible Voices".

Penghargaan dari Austria diterima pada Rabu 24 November 2021, seiring gelaran Simposium tentang Praktik Terbaik di Inisiatif Dialog Antarbudaya dan Antaragama.

"Kami fokus merespons isu-isu tentang radikalisme terorisme," ungkap Putut Widjanarko Ph.D, mewakili ruangobrol.id.

Lebih lanjut, Putut menjelaskan ruangobrol.id yang mulai berdiri sejak awal 2018 khususnya merespons isu-isu itu melalui kekuatan "credible voices". Artinya, melalui pengalaman dari mantan narapidana terorisme (napiter) maupun mereka yang berstatus returnee pernah "berhijrah" ke Suriah bergabung ke kelompok ISIS.

Pengalaman mereka tergelincir di lingkaran kelompok radikal teror ini kemudian dituangkan dalam berbagai bentuk kreatif. Mulai dari berbagai artikel dan berita, buku hingga film dokumenter.

"Sebagai narasi alternatif media," lanjutnya.

Aneka produk kreatif itu dibuat secara rutin. Buku dibuat juga seiring dengan film dokumenter yang digarap. Di antaranya; Jihad Selfie, Pengantin, Seeking The Imam hingga teranyar The Mentors dengan bukunya "Menanti yang Kembali: Kumpulan Kisah dari Sebuah Upaya Reintegrasi Sosial Narapidana Terorisme".

Untuk film The Mentors ini kali pertama diputar pada Selasa 26 Oktober 2021 di Cinema XXI The Park Solo Baru yang hadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan termasuk para mantan napiter hingga kepala desa di Kabupaten Sukoharjo.

"Kami membuka diri untuk berkolaborasi," sambung Putut Widjanarko.

Perwakilan Kedutaan Besar Austria di Jakarta, Phillip Roesl menyebut Ruangobrol memberikan narasi yang kredibel untuk melawan dan mencegah daya tarik propaganda ekstremis di Indonesia dengan menggunakan mantan anggota ISIS yang kembali untuk berbicara tentang pengalaman mereka.

“Hal ini memungkinkan Ruangobrol untuk mendekati audiensnya secara emosional dan memberikan alternatif yang kredibel. Kedutaan Besar Austria di Jakarta dengan bangga mendukung Ruangobrol dan menantikan kerja sama di masa depan,” kata Phillip, Jumat (26/11/2021).

Pemerintah Austria menggelar event ini sebagai penghargaan atas gerakan inisiatif masyarakat sipil yang mendorong dialog lintas budaya dan agama.

Hingga saat ini, penghargaan telah diberikan untuk karya luar biasa berkelanjutan, inovasi, media, isu-isu kontemporer dan integerasi khususnya pada seni, budaya, pemuda, hak asasi manusia dan pendidikan.

Penghargaan ini sudah mulai digelar sejak tahun 2014. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Austria melalui Kementerian Federal untuk Urusan Eropa dan Internasional bekerjasama dengan Badan Pembangunan Austria (ADA), Dana Masa Depan Republik Austria (ÖZF) dan Dana Integrasi Austria (IF).

 

FOTO: Pemimpin Redaksi ruangobrol.id Rosyid Nurul Hakiim saat berbincang dengan salah satu mantan narapidana terorisme asal Kendal, Eko Purwanto, di Kota Semarang, Maret 2021.

 

 

Komentar

Tulis Komentar