Lomba Keagamaan Meriahkan Ramadan di Lapas Semarang  

By

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar berbagai lomba keagamaan dalam rangka mengisi bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan positif.

Berbagai lomba itu, di antaranya; lomba azan, murotal Alquran, menghafal Asmaul Husna hingga lomba ceramah. Aneka lomba itu digelar Senin 3 Mei 2021 di lapas setempat.

Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Andi Rahmanto mewakili Kepala Lapas Semarang Supriyanto, pada siaran persnya mengatakan, lomba tersebut minimal diikuti dua perwakilan narapidana masing-masing blok hunian.

“Hari ini (Senin) mulai dilaksanakan lomba azan, diikuti 30 narapidana,” kata Andi, sapaan akrab Andi Rahmanto.

Mereka yang mengikuti lomba azan berangkat dari berbagai kasus. Mulai dari kasus tindak pidana korupsi (tipikor), kasus peredaran gelap narkotika maupun pidana umum lainnya.

Lebih jauh, Andi menerangkan, rangkaian lomba ini akan dilaksanakan selama empat hari ke depan. Menurutnya, lomba azan itu berdurasi 5-10 menit.

Tak hanya itu, dengan rangkaian lomba-lomba keagamaan ini, para narapidana diharapkan mampu meningkatkan ilmu agamanya sehingga menjadi pribadi lebih baik saat keluar dari penjara nantinya.

Andi menuturkan pihaknya mengedepankan kegiatan pembinaan untuk narapidana, khususnya dalam pembinaan keagamaan.

“Kegiatan bersifat Islami dilakukan kepada para WBP (warga binaan pemasyarakatan) agar bisa meningkatkan kualitas keagamaan mereka dan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT,” tuturnya.

Para narapidana pun terlihat antusias mengikuti perlombaan ini. Mereka juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sebagai ajang untuk menyalurkan bakat mereka.

 

FOTO: DOK. HUMAS LAPAS SEMARANG

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like