Ramadhan

4 Hal Ini Hanya Ada Saat Ramadhan Pandemi

By

Tahun ini memasuki tahun kedua pandemi. Jika tahun sebelumnya kita masih kagetan dengan keadaan ramadhan yang tidak biasanya. Nampaknya kita sudah mulai terbiasa tahun ini.

Kita hanya bisa berharap bahwa pandemi akan segera usai. Harapan ini terus kita bIawa sejak ramadhan tahun lalu. Namun, barang kali pandemi nanti usai, kita akan mengenang betapa kuatnya kita bertahan kala berpuasa di tengah pandemi. Berikut hal-hal yang hanya ada saat ramadhan pandemi

  • Keterbatasan Ngabuburit

Selayaknya perkumpulan, ngabuburit di tempat ramai juga ditiadakan. Pembatasan sosial yang masih diberlakukan merupakan penyebabnya. Razia tempat ramai akan dilakukan oleh pihak aparat sehingga kita akan mendapat kesulitan jika melanggar. Semoga segera bisa ngabuburit lagi ya.

  • Tarawih yang Tidak Biasa

Tarawih sudah bisa dilakukan tahun ini dengan syarat protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan peralatan sholat sendiri. Kita tak pernah seperti ini sebelumnya jika harus sholat tarawih. Hal ini bukan hanya dialami di Indonesia, namun tarawih ala new normal ini juga dirasakan di seluruh dunia termasuk di Masjidil Haram, Mekkah.

  • Sulitnya Bukber

Nah, agenda yang selalu hadir dan padat selama bulan ramadhan, tentu saja adalah buka bersama atau bukber. Tapi pandemi membuat bukber jadwal bukber nyaris kosong. Banyak yang kemudian mengakalinya dengan melakukan bukber online. Tapi sebagai masyarakat komunal, bukber online tidak akan seru tanpa pertemuan langsung. Kita harus sabar-sabar dan jangan nekat untuk bukber offline ditengah PPKM ini ya!

  • Bye Bye to Mudik

Menjelang Lebaran, tidak lengkap rasanya tanpa mudik. Namun, pemerintah berdalih bahwa penyebaran virus cenderung meningkat pasca libur panjang. Oleh karena itu, lagi-lagi cuti bersama dipangkas habis dan pembatasan kendaraan keluar kota juga diberlakukan. Penggunaan transportasi umum juga akan dikawal ketat untuk mengantisipasi mereka yang bandel keluar kota.

Tahun ini, kita akan kembali Idul Fitri online dulu ya teman-teman agar pandemi segera usai. Eh udah ngomongin lebaran aja, baru juga hari ketiga ramadhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like