Pandemi

Refleksi Satu Tahun Pandemi Covid-19

By

Satu tahun sudah Pandemi COVID-19 ini melanda Indonesia. Pada 2 Maret 2020 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama dan kedua COVID-19. Indonesia saat itu masih  tenang-tenang saja. Meskipun di beberapa kota besar terjadi panic buyer  dimana orang-orang panik dan membeli barang dalam jumlah besar.

Masalahnya saat itu, pasien 01 dan 02 COVID-19 terdeteksi setelah melapor karena ada gejala seperti tyfus. Jika tidak ada laporan, barangkali COVID-19 bisa tidak terdeteksi. Apalagi saat ini, banyak orang mengalami  happy hipoxia dan ratusan ribu orang tanpa gejala. Angka semakin hari semakin bertambah hingga mencapai 1 juta orang lebih pernah terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan ini.

Namun, ruangobrol.id tidak akan membahas mengenai virus, tapi ternyata banyak hal baik dari pandemi ini. Berikut tiga hal yang bisa dipetik dari pandemi.

  • Silaturahmi yang Terjalin Kembali

Pandemi membuat kita sedikit lebih santai dan istirahat dari sebelumnya. Mungkin banyak dari kita yang punya ratusan following bahkan ribuan pertemanan di media sosial. Tapi tak pernah kita sapa bahkan berlalu begitu saja hanya dengan memberikan love dan jempol sambil bergumam, “oh begini dia sekarang”.

Tapi pertemanan di dunia maya ternyata begitu terasa ketika pandemi. Bahkan grup WhatsApp yang biasanya tidak ramai menjadi ramai hanya untuk berbagi cerita. Semua merasa saling perlu berbagi dari ketidakpastian ini. Jadi, berapa teman yang kamu hubungi selama pandemi?

  • Menghargai Kebersamaan

COVID-19 membuat jutaan orang di dunia kehilangan nyawa secara singkat. Tak jarang anak-anak yang belum mengenal dunia harus kehilangan orang tua karena virus ini. Mirisnya, itu terjadi dalam waktu yang begitu singkat.

Kita saat ini menjadi perlu menghargai keberadaan mereka yang berada di sekitar kita. Bahkan pertemuan singkat saja kini menjadi sangat berharga karena keterbatasan ruang dan waktu. Kita merasakan bahwa kebersamaan tidak pernah terganti oleh apapun.

  • Menjaga Kesehatan

Ini tak pernah kita bayangkan sebelumnya bahwa kita harus menggunakan masker dimanapun dan kapanpun. Bahkan keluarga sekalipun bisa menjadi cluster baru pandemi. Kita menjadi sangat harus mencuci tangan, menjaga kebersihan dan kesehatan terutama imun tubuh kita. Makanan pun tak lagi bisa sembarangan demi imun tubuh.

 

Pemerintah saat ini tengah berusaha memberikan vaksin bagi masyarakat. Targetnya memang masih akhir tahun sehingga herd immunity ditargetkan mulai berjalan tahun depan. Kita selalu berharap bahwa pandemi ini segera selesai. Lalu, selain tiga hal di atas, apa yang kamu dapatkan manfaatnya dari pandemi?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like