Lovestruck in the City

Lovestruck in the City Isaratkan Susahnya Move On

By

Bagiamana jika cinta menyambar mu di sebuah kota. Enam orang tokoh dalam Lovestruck in the City yang akan membagikan ceritanya pada kalian. Serial drama Korea ringan dari Netflix ini dikemas dengan gaya yang unik. Seperti perpaduan antara reality show dan dokumenter. Cinta diterjemahkan, dikomentari, dikenang, dibayangkan, dan bahkan dijalani oleh Lee Eun Oh yang Marketer, Park Jae Won yang arstiek, Choi Kyung Joon yang juga arsitek, Suh Rin I yang tidak jelas pekerjaannya, Kang Geon yang novelis, dan On Seon Yeong yang guru olahraga.

Mereka juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ‘seseorang’ di belakang kamera. Ya tentu saja pertanyaannya soal cinta. Bahkan, tokoh-tokoh ini dapat saling melihat komentar atau rekaman dari keseharian tokoh yang lain lho.

Menarik kan? karena itu, jangan ketinggalan episode 10-nya yang tayang di Netflix pada Jumat (22/1/2021) petang.

Tenang, untuk yang ketinggalan, ini nih recap-nya.

Jadi, sampai di episode 10 ini, Lovestruck in the City itu lagi pengen cerita soal move on. Soal susah dan rumitnya, soal misterinya, dan soal Park Jae Won yang perasaannya seperti ditonjok-tonjok saat tiba-tiba ditinggalin Lee Eun Oh, perempuan yang justru dia kenal dengan nama Yeon Seo Ah di Kota Yangyang sana. Lalu, mereka tidak sengaja bertemu lagi di Kota Seoul. Nah, gimana tuh?

Gini, setahun yang lalu, ketika Jae Won berlibur ke Kota Yangyang untuk sekedar tinggal di karavan dan main surfing, si cowok ganteng ini bertemu dengan gadis cantik yang justru menjadi cintanya. Ya, benar sekali, kalau tebakan kalian bahwa gadis itu adalah Yoen Seo Ah alias Lee Eun Oh. Di kota yang pantainya indah itu, mereka mengikat komitmen cinta bersama. ‘Menikah’, buat gampangnya. Berminggu-minggu mereka kasmaran, dimabuk cinta, sampai akhirnya Jae Won harus kembali ke Seoul. Sekembalinya ke Kota Yangyang, Yoen Seo Ah sudah tidak ada. Dicari sampai ke sudut-sudut sempit kota juga tidak ditemukan. Apalagi, gadis yang suka berselancar ini tidak mau memakai handphone. Nah, ribet kan.

Oleh karena itu, Park Jae Won benar-benar terpukul. Cintanya ‘menggantung’. Dia tidak bisa melupakan kekasihnya. Di sisi lain, Lee Eun Oh, yang belum dijelaskan sebab-sebab kepergiannya, juga masih tidak bisa menghapus Park Jae Won dalam hatinya. “If I met him again, I’d fall in love with him again.” kata Lee Eun Oh di akhir episode 1. Nah, pernyataan itu sedang diuji, ketika di episode 9 mereka tidak sengaja bertemu lagi di Seoul.

Soal move on ini memang banyak yang merasa terwakili. Apalagi pada hubungan yang ‘menggantung’ atau belum tuntas. Hal yang sama dapat ditemukan pada kasus residivisme dari narapidana teroris (napiter) di Indonesia. Saat tertangkap, tujuan perjuangan mereka seakan ‘menggantung’. Ada yang berhasil move on, tapi ada juga yang masih penasaran dan sulit melangkah ke depan. Ketika mereka merasa perjuangan atau perasaan mereka untuk jihad belum selesai, maka akan sulit untuk melakukan proses deradikalisasi. Bahkan, setelah bebas, mereka kembali melakukan aksi teror.

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa move on?. Seperti dalam serial Lovestruck in the City, orang-orang terdekat memiliki peran yang penting. Dukungan orang-orang terdekat di sekitar napiter akan membantu mereka untuk move on. Ketika yang bersangkutan belum jujur dan terbuka kepada yang terdekat, maka proses ini akan sulit selesai. Apalagi jika orang-orang terdekat atau masyarakat di sekitarnya justru menolak atau mengasingkan napiter itu. Mereka bisa kembali memilih untuk kembali ke kelompok teror.

Nah, bagaimana dengan Lee Eun Oh, apakah dia bisa move on dari Park Jae Won?

Situasi menjadi menarik. Seiring berkembangnya cerita, ternyata enam tokoh dalam serial itu saling terkoneksi satu sama lain. Lee Eun Oh bersahabat dengan Kang Geon dan Suh Rin I. Sementara Suh Rin I adalah kekasih Choi Kyung Joon yang ternyata adalah sepupu dan rekan kerja dari Park Jae Won. Lalu, Kang Geon yang ternyata juga mengenal Park Jae Won memendam rasa tidak suka pada arsitek muda itu. Saksikan terus Lovestruck in the City.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like