Rangkuman Peristiwa Radikalisme dan Terorisme 2020

By

Penangkapan terduga teroris di sepanjang 2020 cenderung berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kepolisian Republik Indonesia mengungkapkan adanya penangkapan sebanyak 228 terduga teroris di masa pandemi. Jika dibandingkan dengan total penangkapan di dua tahun sebelumnya, angka tersebut jauh berkurang. Tahun 2018 dan 2019, penangkapan teroris hampir menyentuh angka 400 orang per tahun.

Data kepolisian juga menyatakan bahwa dari sebanyak 228 penangkapan tersebut, setidaknya 64% masih dalam proses penyidikan dan 31% sedang menjalani proses persidangan. Kemudian 1% lainnya telah selesai menjalani sidang pada akhir Desember lalu dan 4% telah memasuki masa tahanan menjadi narapidana.

Meskipun telah berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya, tapi angka penangkapan yang berjumlah ratusan itu menunjukkan bahwa aktivitas terorisme masih ada. Kelompok-kelompok yang selama ini dituding sebagai pelaku aksi teror juga masih saja bergerak. Berbekal rangkuman kejadian-kejadian atau temuan-temuan di tahun 2020, Ruangobrol berupaya untuk bisa menjelaskan dinamika tersebut dan memberikan rekomendasi untuk hal-hal yang perlu dilakukan.

Secara umum, dengan melihat trend di tahun 2020, Ruangobrol akan menyajikan laporan ini menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah tentang para pelaku yang memiliki struktur. Seperti halnya Jamaah Islamiyah yang sudah matang secara organisasi maupun pergerakannya. Bagian kedua adalah para pelaku yang cenderung tidak terstruktur. Dalam hal ini, Jamaah Anshorut Daulah (JAD) dan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) menjadi contohnya. Keduanya memang memiliki organisasi, akan tetapi pergerakan anggotanya jauh lebih cair dan cenderung tidak berada dalam satu komando yang terikat. Pada bagian ini juga akan dibahas tentang para pendukung ISIS yang jauh lebih luas. Bagian ketiga adalah tentang tantangan-tantangan di tahun 2021 maupun tahun-tahun mendatang. Kemudian terakhir, pada bagian keempat akan diulas tentang rekomendasi atau solusi-solusi yang memungkinkan untuk dijalankan.

Lebih lanjut, laporan dapat diunduh pada link berikut ini Rangkuman Peristiwa 2020_Ruangobrol.id

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like