Episode Terakhir Start Up

Episode Terakhir Start Up : Kerelaan Ji Pyeong atas Do San dan Dal Mi

By

Drama Korea Start Up akhirnya selesai malam ini (6/12). Tentu semua pihak sudah pasti bisa menebak siapa yang akhirnya dipilih oleh Seo Dal Mi (Bae Suzy). Meski nyari 80% penonton mendukung Han Ji Pyeong (Kim Seo Ho) hingga episode terakhir, namun Nam Do San (Nam Joo Hyuk) yang sudah terpampang di posternya sudah pasti akan memenangkan persaingan.

Han Ji Pyeong merelakan Dal Mi karena menurutnya, meski ia yang mengirimkan surat 15 tahun yang lalu, namun Do San yang lebih dulu mencari. Ini memang menjadi andalan tim Do San yang mengatakan bahwa “yang kebanyakan PDKT akan kalah dengan yang duluan menyatakan”. Maklum, perempuan gak suka kalau tanpa kepastian.

Film ini juga memberikan banyak memberikan pencerahan tentang bagaimana membangun Start Up oleh Nam Do San dan Seo Dal Mi. Meski Nam Do San menguasai segala teknologi di Samsan Tech, namun ia gagal menjadi CEO (Chief Executive Officer) saat kompetisi di Sandbox. Hal ini karena spesifikasi CEO justru dikuasai oleh Dal Mi yang lebih memahami trend dan kreativitas.

Seiring perjalanannya, ternyata duo Dal Mi dan Do San tidaklah cukup. Kreativitas dan ketangguhan CEO tidak hanya perlu CTO yang sigap, namun perlu juga ahli finansial yang berpengalaman. Pada episode 12, Alex berhasil menggulingkan Dal Mi karena ketidaktelitiannya dalam membaca kontrak. Ia tergiur dengan angka besar yang ditawarkan padahal urusan perusahaan bukan hanya emosi dan kenaikan angka. Hanya Han Ji Pyeong yang memahami itu karena pengalamannya.

Episode terakhir Start Up menggambarkan bagaimana Han Ji Pyeong memang menguasai arena permainan karena dia yang mengawali kisah dengan Dal Mi. Selain itu, ia juga banyak tahu tentang seluk beluk start up namun ternyata ia cukup bodoh masalah cinta. Itu hal yang kemudian membuatnya mengakui kekalahan dan merelakan Dal Mi. Kedewasaan sosok Ji Pyeong menarik banyak orang menjadi fans baru Kim Seo Ho.

Adapun Dal Mi yang dianggap sosok sempurna dimana punya kedewasaan, ketangguhan, kerelaan dan cantik. Bae Suzy memang selalu didapuk sebagai perempuan tangguh dan sempurna. Meski kadang sedikit bodoh danĀ agresif masalah cinta, Dal Mi menjadi gambaran baru bagi Suzy.

Samsan Tech gengs juga tak kalah seru. Do San menjadi dominan diantara dua lainnya, namun tidak bisa lepas dari Chul San dan Yong San. Kebodohan dan kekonyolan mereka menambah bumbu komedi di Start Up sehingga meski cukup berat namun jadi mudah dipahami. Ini bisa menjadi salah satu cara bagaimana memahami isu yang berat melalui komedi-komedi sehingga mudah dipahami.

Menariknya episode terakhir Start up menunjukkan bagaimana sosok satu dan lainnya dibuat saling berkesinambungan, bukan hanya bersaing. Bahwa kita tidak bisa membenci seluruh hal secara utuh karena pada saatnya nanti kita ada kemungkinan membutuhkan bahkan mungkin bekerjasama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like