Lapas Semarang Musnahkan Barang Sitaan Hasil Razia Blok Hunian

By

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mengadakan pemusnahan barang sitaan hasil razia, Rabu 28 Oktober 2020. Barang sitaan razia yang dimusnahkan tersebut didapat dari penggeledahan yang dilakukan oleh pihak Lapas sejak Bulan Januari  hingga Oktober 2020 di kamar-kamar blok hunian.

Sejumlah barang terlarang itu di antaranya handphone, senjata tajam rakitan, kabel listrik dan barang terlarang lainnya. Mengantisipasi hal tersebut terulang, razia dan penggeledahan lapas akan rutin dilakukan, termasuk memperketat pengawasan dan barang titipan dari pengunjung.

Kalapas Semarang Dadi Mulyadi, berkomitmen keras untuk memerangi penyalahgunaan narkoba,  pungli dan handphone dengan bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya. Ini sebagai mitra yang mempunyai misi yang sama dalam mensukseskan Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) dan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba).

“Kami lakukan razia secara rutin setiap bulannya serta sewaktu-waktu dapat melakukan razia insidentil jika ada suatu kejadian,” jelas Kalapas via siaran pers yang diterima ruangobrol.id Rabu.

Kegiatan pemusnahan barang tersebut juga dihadiri oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Ngaliyan dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) Ngaliyan.

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara membakar barang bukti di dalam tong sampah yang terbuat dari drum. Tiap saksi yang hadir diberikan kesempatan untuk ikut menghancurkan dan membakar barang bukti tersebut.

“Pemusnahan barang bukti razia ini merupakan komitmen kami dalam mewujudkan kondisi lapas yang kondusif dan meminimalisir percikan konflik yang bisa timbul akibat barang-barang terlarang ini,” ungkap Dadi Mulyadi.

Sama halnya sambutan baik dan dukungan datang dari Bhabinkamtibmas Polsek Ngaliyan, Hendro atas pelaksanaan kegiatan ini yang berjalan lancar.

“Terima Kasih atas kerjasama yang baik dari pihak Lapas kepada kami, ini salah satu bukti sinergitas kita berjalan dengan baik dan kita selalu siap membantu Lapas dalam segala kegiatan,” kata dia.

“Kegiatan ini sangat baik, saya sangat mendukung kegiatan ini dan semoga kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini akan tetap berjalan dan bisa menjadi lebih baik serta lapas selalu dalam kondisi yang aman dan kondusif,” lanjutnya.

Sementara itu, acara dilanjutkan dengan upacara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda di Aula Merdeka yang dilaksanakan secara virtual bersama seluruh pejabat dan staf Lapas Semarang.

 

FOTO DOK HUMAS LAPAS KELAS I SEMARANG

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like