Penceramah Agama Diharapkan Jaga Harmoni

By

Kementerian Agama melalui Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam kembali kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimteks) Penguatan Kompetensi Penceramah Agama. Program yang sempat menjadi kontroversi ini diikuti oleh 100 orang Penceramah Agama dari berbagai elemen masyarakat.

Menteri Agama Fachrul Razi dalam sambutannya menyambut baik digelarnya acara ini. Menurut Fachrul Razi Bimtek ini adalah sebuah langkah besar menuju penguatan dakwah dan pembangunan bidang agama. Bimtek ini kata Fachrul Razi, bagian dari memberi tambahan wawasan kepada penceramah untuk memperkuat kompetensi yang sebelumnya sudah baik.

“Terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu upaya penguatan kompetensi penceramah agama ini. Terima kasih kepada Lemhanas, BPIP, BNPT, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, PBNU, Imam besar Masjid Istiqlal, Mafindo, serta Ditjen Bimas Islam dan seluruh jajarannya,” kata Fachrul Razi di Jakarta (22/10/2020)

Selain itu menurut Fachrul Razi Bimtek ini merupakan bagian proses mendekatkan dakwah dengan kebutuhan akan hadirnya pendakwah yang kompeten dengan tetap merujuk pada kaidah-kaidah agama yang komprehensif. Apalagi di tengah maraknya Hoaks dan ujaran kebencian saat ini peran penceramah agama sangat penting memelihara dan meningkatkan harmoni. Menurut Fachrul Razi apa yang disampaikan oleh penceramah dalam mentransfer ilmu agama dan membawa pemahamannya ke arah yang damai dan toleran, adalah kunci dari harmoni.

“Proses itu menjadi semakin mudah dan massif seiring adanya layanan digital. Hari ini, dunia digital begitu cepat mengambil hati umat manusia dengan ragam teknologinya,” kata Wakil Panglima TNI pada periode 1999-2000 itu

Lebih lanjut Fachrul Razi menambahkan digitalisasi saat ini sebagai keniscayaan. Karena itu Penceramah Agama harus memberikan ruh terhadap produk global agar sejalan dengan norma agama, dan menggunakannya guna membangun sikap beragama yang moderat.
“Terima kasih atas kesediaannya hadir dan menjadi bagian dari langkah besar kita untuk merawat moderasi beragama sebagai pilar penting keutuhan NKRI,” tegas pria kelahiran Aceh 26 Juli 1947 itu

Menurut Fahcrul Razi, apa yang dilakukan pemerintah hari ini akan banyak menentukan masa depan umat untuk menghadapi ragam perubahan yang mungkin datang esok, lusa atau bulan depan. Semua perubahan tersebut akan menjadi ancaman jika tak meresponnya secara bijak.
“Jalan dakwah harus dikedepankan agar tak terjadi benturan peradaban yang mungkin akan merugikan kita semua,” kata jebolan Akademi Militer tahun 1970 itu.
Apalagi kata Fachrul, Indonesia memiliki ragam kekayaan alam yang melimpah, ragam budaya, agama dan keyakinan yang sangat kaya. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang heterogen, namun tetap harmoni. Kerena keberagamaan tersebut dikelola pendiri bangsa dengan bijak dan hati-hati.
“Di sinilah kekuatan individu para pendakwah menjadi hal yang berperan besar dalam menjabarkan ide-ide harmoni dalam heterogenitas. Di sinilah kita juga melihat bagaimana agama dan negara berjalan beriringan sebagai sebuah harmoni yang menjadikan bangsa Indonesia dijadikan rujukan kiblat moderasi beragama,” pungkasnya
Sementara itu Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin melaporkan bahwa sejak disosialisasikan pada 16 September 2020, bimteks peningkatan penguatan kompetensi penceramah berjalan baik di berbagai provinsi. Prosesnya berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
“Sampai saat ini, seluruh panitia dan peserta melakukan tes rapid, sampai saat ini semua yang terlibat dalam keadaan sehat,” kata Kamaruddin Amin.
Kamaruddin Amin menambahkan kegiatan ini melibatkan para pakar dari berbagai lembaga, seperti Lemhanas, BPIP, BNPT, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, PBNU, Imam besar Masjid Istiqlal, Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia). Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama angkatan II ini berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Oktober 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like