Tulis Disertasi Bom Surabaya, AKBP Dedy Tabrani Penembak Pelaku Teror Bom Thamrin Raih Gelar Doktoral Tercepat

By

AKBP Dedy Tabrani mencetak rekor baru di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) – PTIK. Gelar doktoralnya diselesaikan 2 tahun 4 bulan. Polisi penembak  pelaku teror Bom Thamrin 2016 silam ini juga memperoleh gelar summa cumlaude dengan poin 98,66 pada promosi doktoralnya itu.

“Ini paling cepat selama PTIK ada (studi doktoral ditempuh 2 tahun 4 bulan),” ungkap Dedy melalui sambungan telepon dengan ruangobrol.id, Rabu 14 Oktober 2020 siang tak lama setelah sidang promosi doktornya.

Rekor lainnya, selama 2 tahun 4 bulan itu Dedy  yang tepat berusia 44 tahun pada Kamis 15 Oktober  juga menyelesaikan 15 jurnal internasional.

Dedy yang merupakan mahasiswa Program Pascasarjana S-3 Ilmu Kepolisian STIK Angkatan ke-4 T.A. 2018 – 2021 ini menulis disertasi tentang terorisme. Judulnya, “Terorisme Keluarga: Pendekatan Interdisipliner tentang Jaringan Ulama Kekerasan dalam Serangan Terorisme Bom Bunuh Diri Sekeluarga di Surabaya 2018”.

Lulusan AKABRI tahun 1999 itu mengaku tertarik dengan isu terorisme karena tugas-tugas yang sering diembannya. Sejak awal jadi anggota Polri, Dedy ditugaskan di Markas Korps Brimob Kelapa Dua Depok di Detasemen C Gegana.

“Dari tahun 2000 sampai 2005 selalu ikut ke TKP kasus-kasus terorisme, seperti Bom Katedral. Pada 2016 saya juga menembak salah satu pelaku Bom Thamrin, pelakunya Sunakim,” lanjutnya.

Dari berbagai pengalaman tugasnya, berbagai data dan informasi dikumpulkan Dedy hingga akhirnya menjadi disertasi ini. Studi yang ditempuh ini juga beasiswa.

Dia berargumen, termasuk dari penelitian disertasinya, penanganan terorisme di Indonesia harus lebih komprehensif.

“Secara teori dikembangkan lagi juga harus lebih kolaboratif,” ungkap Dedy yang saat ini menjabat Wakapolresta Tangerang Polda Banten ini.

Sementara itu, sidang promosi doktoralnya dilaksanakan secara online mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Bertindak sebagai pimpinan sidang adalah Kombes Pol Dr. Hadi Purnomo, M.H., penguji Prof. Burhan Djabir Magenda, M.A., Ph.D., Prof. Dr. Abdul Gani Abdullah, S.H., Dr. Reza Indria, S.H., M.A., Dr. Sidratha Muhtar, Dr. Herdy Sahrasad, Dr. Herdy Sahrasad.

Promotornya Dr. Achyar Yusuf Lubis. Co Promotor, Noor Huda Ismail, Ph.D., Angel Damayanti, S.P., M.Si., M.Sc., Ph.D dan sekretaris AKBP. Dr. Benny Maringan Saragih, S.H.,S.I.K., M.Si.

 

FOTO DOK. NARASUMBER

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like