Apa sih yang Menarik dari Dunia Transportasi Bus itu?

By

Melanjutkan tulisan tentang fenomena bismania yang lalu, kali ini akan membahas soal apa sih yang menarik dari dunia transportasi bus itu sehingga banyak bermunculan konten Youtube seputar dunia bus.

Sebagai salah satu bismania yang mengikuti perkembangan dunia bus di Indonesia sejak 2012, saya bisa menjelaskannya sedikit kepada Anda. Barangkali bisa menjawab rasa penasaran Anda atau setidaknya bisa menambah wawasan kita semua.

Setidaknya ada tiga poros utama yang membuat dunia transportasi bus menjadi menarik di era internet dan media sosial ini, yaitu :

Bus Adalah Sebuah Produk Teknologi

Dalam sebuah bus ada tiga teknologi, yaitu mesin, sasis, dan body. Ketiga topik bahasan inilah yang biasanya menjadi hal yang wajib disebutkan ketika me-review sebuah bus atau bahkan dalam sebuah trip report (catatan perjalanan). Semakin detail seorang bismania menyebut ketiga teknologi dalam sebuah bus yang sedang di-review semakin tinggi pula respek yang ia dapatkan dari bismania yang lain.

Misalnya ada yang membuat konten Youtube catatan perjalanan (trip report) menggunakan salah bus dari sebuah Perusahaan Otobus (P.O). Di awal konten atau di pertengahannya biasanya akan menyebut mesin, sasis, dan body bus yang digunakan. Termasuk kadang ada yang menyebutkan sampai spesifikasi teknis dari mesin dan sasisnya. Misalnya tahun pembuatan mesinnya, perbedaan antara keluaran sebelumnya dengan yang terbaru, dan seterusnya.

Dari ketiga jenis teknologi bus itu ada juga pembuat konten yang spesialis membahas salah satunya saja, misalnya yang paling banyak adalah yang membahas tentang body bus. Kenapa body bus yang paling diminati? Karena body bus itu paling banyak ragamnya. Ada puluhan karoseri pembuat body bus yang masing-masing karoseri memiliki keunikan tersendiri. Belum lagi perbedaan livery (corak) bus yang pasti berbeda antara satu P.O dengan P.O lainnya.

Kalau Anda pernah melihat anak-anak atau orang-orang yang suka berburu foto-foto bus di terminal atau di pinggir-pinggir jalan, mereka itu biasanya adalah sekte penggemar body bus. Mereka akan memamerkan di media sosialnya foto berbagai pose bus dengan body dan livery yang beraneka ragam. Semakin unik pose dan angle fotonya akan semakin bagus.

Saya sendiri adalah penggemar foto bus aliran road photo, yaitu foto-foto bus yang sedang berjalan di jalan raya. Foto-foto bus terbaik versi saya adalah bus yang sedang melaju di jalan raya dengan latar belakang pemandangan alam yang cantik.

Karakteristik Masyarakat Pengguna Bus

Dalam melakukan sebuah perjalanan menggunakan bus, ada banyak alasan yang melatarbelakanginya. Biasanya alasan itu berkaitan erat dengan tujuannya. Ingin cepat sampai di tempat tujuan dengan pilihan waktu yang lebih fleksibel adalah salah satu alasan yang paling umum.

Dari berbagai alasan yang melatarbelakangi itu kemudian melahirkan tiga ‘sekte’ utama pengguna bus. Ada ‘sekte’ pemuja kenyamanan, ‘sekte’ pemuja kecepatan, dan ‘sekte’ pemuja pelayanan. Jika ada sebuah P.O yang mampu memberikan kepuasan dalam ketiga hal tersebut (kenyamanan, kecepatan, dan pelayanan), maka P.O itu akan memiliki banyak pelanggan yang loyal.

Dari adanya ketiga ‘sekte’ itu lalu muncullah konten-konten tentang review berbagai bus dari berbagai P.O untuk menguji tiga parameter itu. Beberapa P.O ada yang kemudian tekenal karena kenyamanannya, atau karena kecepatannya, atau dari pelayanannya.

Cerita Perjalanan Naik Bus

Hal yang tak akan habis untuk dijadikan bahan cerita selanjutnya adalah cerita dari sebuah perjalanan. Kejadian-kejadian unik yang ditemui dalam perjalanan atau tentang keramahan para awak bus adalah hal yang paling sering menghiasi cerita yang dibagikan di media sosial para bismania.

Salah satu fenomena yang lahir kisah-kisah perjalanan itu adalah munculnya nama-nama pengemudi bus yang terkenal karena keramahan dan skill mengemudinya. Pak Bero Sang Legenda Topi Putih dari P.O Haryanto dan Mr. Gaplek Artis Cipali adalah salah satu contohnya. Anda bisa googling tentang kedua orang itu jikalau ingin mengetahui lebih jauh.

Itulah sekelumit ulasan mengenai apa saja yang menarik dari dunia transportasi bus di era internet dan media sosial. Kemajuan teknologi bus dan teknologi informasi ternyata bisa melahirkan sebuah budaya baru, yaitu munculnya para bismania.

FOTO: RUANGOBROL.ID/Arif Budi Setyawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like