Fenomena Bismania yang Lahir dari Dunia Tranportasi dan Kecanggihan Teknologi Informasi

By

Kita tentu masih ingat dengan fenomena ‘Om Telolet Om’ di akhir tahun 2016 yang lalu. Sebuah fenomena yang berhasil membuat banyak orang penasaran sehingga menjadi viral. Atau mungkin kita sering atau minimal pernah melihat berbagai konten Youtube yang membahas pernak-pernik dari dunia transportasi bus.

Atau mungkin pernah mendengar tentang BisMania Community? Sebuah forum online para penggemar bus yang hari ini sudah tutup karena kalah oleh media sosial. Namun forum ini masih tetap eksis meskipun berubah platform, dari bentuk forum seperti kaskus.co.id menjadi grup di media sosial Facebook.

Tidak banyak orang awam yang tahu bahwa BisMania Community ini adalah salah satu forum yang punya bentuk kepengurusan yang nyata di berbagai daerah. Bahkan berbadan hukum. Ini adalah bukti betapa seriusnya para penggemar bis di Indonesia.

Beberapa hal positif yang dilakukan oleh para bismania itu antara lain : mengkampanyekan gerakan naik bus untuk mengurangi polusi dan kemacetan. Slogan ‘Ayo Naik Bus Biar Nggak Macet’ yang biasa kita lihat di badan bus Trans Jakarta itu dulunya pertama kali populer di forum BisMania Community (BMC). Lalu ada kampanye safety driving, di mana para bismania sering membahas tentang teknik atau cara mengemudikan kendaraan roda 4 yang aman, termasuk juga tentang tata tertib dan sopan santun berlalulintas. Selain itu ada juga kegiatan sosial, yaitu setiap kali terjadi bencana alam yang menimbulkan banyak korban, para bismania selalu mengadakan penggalangan dana dan pengiriman relawan ke daerah terdampak bencana.

Ini semua membuktikan bahwa sebenarnya para bismania itu membuat forum silaturahmi antar bismania itu adalah agar bisa berkontribusi dalam pembangunan masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah menggalakkan gerakan edukasi dan gerakan sosial seperti itu. Dan itu berawal dari gerakan di ranah online. Berawal dari tujuan positif itu, dari hari ke hari jumlah bismania semakin bertambah.

Bersamaan dengan terus berkembangnya kemudahan akses internet dan kecanggihan gadget, hari ini perkembangan di dunia bismania telah berkembang sedemikian rupa yang menjadikannya semakin menarik. Termasuk munculnya para ‘mania penggembira’ yang semakin banyak dan mulai mengalahkan para ‘mania sejati’. Ini mirip dengan fenomena pendaki gunung, di mana hari ini lebih banyak para pendaki wisata-nya daripada pendaki sejati yang sangat mencintai lingkungan.

Apa itu ‘mania sejati’ dan ‘mania penggembira’ dalam dunia bismania? Mungkin nanti itu akan menjadi tulisan tersendiri.

Tapi kali ini ijinkan saya menjelaskan sedikit tentang apa sih yang menarik dari dunia transportasi bus itu?

Sebagai salah satu bismania yang mengikuti perkembangan dunia bus di Indonesia sejak 2012, saya bisa menjelaskannya sedikit kepada Anda. Barangkali bisa menjawab rasa penasaran Anda atau setidaknya bisa menambah wawasan kita semua.

Setidaknya ada tiga poros utama yang membuat dunia transportasi bus menjadi menarik di era internet dan media sosial ini, yaitu :

  1. Bus Adalah Sebuah Produk Teknologi

  2. Karakteristik Masyarakat Pengguna Bus

  3. Cerita dalam Perjalanan Naik Bus

Nantikan pembahasannya pada tulisan berikutnya

(Bersambung)

Sumber Foto : Terminal Kampung Rambutan (Dok. Pribadi)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like