Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-19 Ditahan Imbang Qatar

By

Tim Nasional Indonesia U-19 tidak berhasil mengulangi kesuksesan saat berhasil mengalahkan Timnas Qatar dengan skor 2-1 pada pertemuan pertama Uji coba pada Kamis (17/9/2020) lalu. Pada pertandingan kedua ini Tim Garuda Muda hanya bermain imbang dengan skor 1-1 pada laga yang berlangsung di Stadium Velika Gorica, Zagreb, Kroasia pada Minggu (20/9/2020).

Pemain muda kedua negara tersebut bermain imbang pada babak pertama. Meskipun tidak ada gol yang tercipta bukan berarti tidak ada peluang. Misalnya Pemain Indonesia mendapat beberapa peluang di tujuh menit awal, tetapi masih belum bisa membuahkan gol.

Sepanjang babak pertama bola lebih banyak bergulir di separuh pertahanan Indonesia. Tim Garuda Muda hanya hanya sesekali menebar ancaman lewat serangan balik.
Gol baru tercipta pada menit ke-62 melalui kaki pemain Muda Indonesia Saddam Emiruddin. Saddam sukses menyambut bola usai menerima umpan lemparan ke dalam dari Pratama Arhan.

Tidak ada gol tercipta hingga menit ke-80. Di mana Qatar berhasil mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti Pemain Muda Qatar Altairi. Hukuman penalti didapatkan tim Garuda Muda setelah Rizky Ridho yang merupakan kapten Timnas Indonesia melanggar keras Ali Surag.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi kerja keras anak didiknya selama pertandingan meskipun hanya bermain imbang. Menurut Shin Tae-yong Para Pemain Timnas Indonesia secara keseluruhan sudah mengalami peningkatan. Namun dia sedikit menyayangkan pemain Muda Timnas harus kebobolan di menit-menit terakhir.

“Sayang kami harus kebobolan di menit terakhir. Tetapi secara keseluruhan permainan kita membaik,” kata Shin Tae-yong sebagaimana dikutip dari situs pssi.org

Lebih lanjut Shin Tae-yong menambahkan makin hari stamina pemain Garuda Muda menunjukkan peningkatan. Kendati demikian dia mengakui masih ada yang harus dibenahi oleh anak didiknya, terutama masalah power. Namun dia berjanji akan memperbaik kekurangan tersebut.

“Stamina pemain semakin ciamik. Namun power pemain akan kita poles dan perbaiki lagi,” kata Shin Tae-yong.

Hal senada disampaikan Pemain belakang timnas U-19, Pratama Arhan. Dia mengatakan bahwa pada pertandingan itu ia dan rekan-rekannya sudah meningkat permainannnya. Meski hasil imbang, dia mengatakan semua rekan-rekannya sudah bekerja keras. Namun evaluasinya menurut Arhan adalah agar meningkatkan fokus terutama di menit-menit terakhir.

“Disiplin kami di tiap posisi juga lebih bagus. Namun kami harus evaluasi dan lebih fokus di menit-menit terakhir agar pertandingan selanjutnya lebih baik lagi,” kata Arhan yang merupakan pemain asal PSIS Semarang tersebut.

Sekadar diketahui pada laga uji coba sebelumnya melawan Qatar, Kamis (17/9/2020), Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor tipis 2-1. Dua gol kemenangan Timnas U-19 dicetak oleh masing-masing Brylian Aldama di menit ke 18 melalui tendangan penalti dan Mochammad Supriadi menit 84′. Sementara gol semata wayang Qatar tercipta pada menit ke-12 lewat Al-Mehairi.

Selanjutnya setelah melawan Qatar, Indonesia akan kembali menjalani uji coba melawan Timnas Bosnia dan Herzegovina pada (25/9), serta Dinamo Zagreb (28/9) selama di Kroasia. Training center Timnas Indonesia di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September 2020.

Sedangkan pada laga uji coba Sebelumnya Garuda Muda bermain imbang dengan skor 3-3 melawan Arab di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Jumat (11/9). Hasil lebih buruk ditorehkan saat Garuda Muda dikalahkan dengan skor telak 1-7 dari Kroasia di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9/2020) dan lawan kalah (0-3) dari Bulgaria (0-3).

Daftar Pemain Timnas Indonesia pada pertandingan melawan Qatar. Muhammad Adi Satryo, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan Alif Rifai; Witan Sulaeman, Beckham Putera, Byrlian Aldama, M Supriadi, Braif Fatari dan Saddam Gaffar

Cadangan:Yofandani Pranata, Erlangga Saputra, Komang Tri, Andi Irfan, Imam Zakri, Yudha Febrian, Bayu Fiqri, Andre Oktaviansyah, Jack Brown, David Maulana, dan Fadhil Askah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like