Idul Adha 1441 H, Lapas Kedungpane Potong 20 Hewan Kurban

By

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang alias Lapas Kedungpane merayakan Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi, Jumat (31/7). Perayaan dilakukan mulai dari Salat Idul Adha berjamaah hingga pemotongan hewan kurban.

Salat Idul Adha dilaksanakan mulai sekira pukul 06.30 WIB di Masjid At Taubah komplek lapas. Salat berjamaah itu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti jarak antarjamaah setengah meter. Salat diikuti warga binaan pemasyarakatan (WBP) maupun petugas lapas setempat.

“Memang kami mengajak WBP untuk merayakan Idul Adha bersama-sama,” ungkap Kalapas Kedungpane Dadi Mulyadi melalui siaran pers yang diterima ruangobrol.id, Jumat.

Terkait hewan kurban, sebut Dadi, tahun ini pihaknya memperoleh sumbangan baik dari petugas lapas maupun WBP setempat. Jumlahnya total 20 ekor, terinci; 8 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

“Rencananya pemotongan ini dilaksanakan selama 3 hari ke depan,” terang Dadi.

Hewan kurban ini tentunya sudah lolos tes kesehatan, kerjasama dengan  Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu Kelas A Jawa Tengah agar hewan kurban tersebut layak untuk dikonsumsi.

Dadi berharap, dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama ini, dapat menumbuhkan kepedulian bersama para WBP alias narapidana itu.

Menurutnya, kegiatan keagamaan adalah langkah yang baik untuk mengajak para napi kembali bertaubat dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Walaupun di lapas, warga binaan masih bisa ikut berbagi kebahagian kepada sesama temannya dengan menyumbangkan hewan kurban,” lanjutnya.

Nantinya, daging kurban tersebut akan  dibagikan kepada para WBP setempat, kemudian masyarakat yang membutuhkan, termasuk mereka yang tinggal di sekitar lapas.

Sedangkan terkait WBP yang berqurban tersebut diakuinya atas kemauan sendiri, setelah sebelumnya diberi pengumuman oleh pihak lapas bagi yang mau berqurban dipersilakan.

“Untuk WBP nanti didistribusikan dalam bentuk matang sudah dimasak, kalau masyarakat sekitar dan warga yang membutuhkan diberi dalam bentuk daging,” sebutnya.

Sebelum menggelar Salat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban, para napi juga diajak menggelar takbiran di masjid At-Taubah pada malam harinya hingga pagi hari.

 

FOTO DOK. LAPAS KEDUNGPANE
Pemotongan hewan kurban di komplek Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas I Semarang alias Lapas Kedungpane, Jumat (31/7/2020).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like