baim-wong-presiden-joko-widodo-ruangobrl

Perkara Ucapan Ulang Tahun Baim Wong

Rizka Nurul
Rizka Nurul
3 Min Read
baim-wong-presiden-joko-widodo-ruangobrl

Entah sejak kapan netizen Indonesia terbentuk menjadi sangat baper (bawa perasaan). Baim Wong masih menerima hujatan di kolom komentar instagramnya hingga hari ini (24/6). Ribuan hujatan tersebut ditujukan kepada postingan Baim Wong pada senin lalu yang mengucapkan ulang tahun kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Ucapannya berbunyi sebagai berikut:

“Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi !! Presiden terbaik pilihan saya di era skrg .. . Humble.. Gak Sombong.. Pekerja keras.. Dan yg terpenting.. . Mengenal agama.. Dan takut sama Allah.. . Tetep jujur dan jgn pernah takut hadapi segala cobaan ya pak.. Selamat ulang tahun pak @jokowi !! . . ❤Allah

Ucapan tersebut diganti setelah banjir komentar dan Baim menutup kolom komentarnya. Dari pantauan tim ruangobrol.id di kolom komentar, netizen mempertanyakan 3 pernyataan Baim Wong tentang “terbaik’, “takut sama Allah” dan “jujur”. Mereka tidak terima sampai ubun-ubun pujian dari Baim Wong tersebut. Nampak juga puluhan komentar mengatakan akan unfollow  dan unsubcribe youtuber paling sukses tersebut.

Kebaperan netizen di Instagram juga berpengaruh ke media sosial lainnya yaitu Twitter. Akun Mas Piyu tentu menjadi pelopor serangan terhadap Baim Wong yang meminta netizen segera unsubcribe youtube ayah satu anak itu. Baim jadi trending topic gegara ucapan selamat ulang tahun. Yang ulang tahun siapa, yang trending siapa.

Selain itu, serangan yang dilontarkan netizen tak hanya menyerang Baim Wong ataupun sosok yang diposting alias Pak Jokowi, tapi juga keluarganya. Doa-doa terhadap anak semata wayang Baim Wong juga cukup sadis, belum lagi doa terhadap Paula yang tidak patut disebutkan. Banyak juga cocokologi yang sebenarnya gak nyambung. Misal pada giveaway mobil yang disebar Baim dan pemenang akan diumumkan akhir bulan, seorang netizen bersabda “Kirain mau bulan oktober pengumumannya, sekalian ulang tahun ibu negara”. Kan kan kan … sudahlah.

Bapernya netizen di Indonesia memang tak terjadi sekali dua kali, sudah go International. Sebelumnya, pemeran Da Kyung di The World of Married Couple, Han So Hee sudah menjadi korban baper. Akun gadis 25 tahun itu diserang netizen yang sebal dengan perannya di drama korea The World of Married Couple. Ini sempat menjadi perbincangan di media Korea lho!

Dunia maya sudah terasa nyata bagi banyak orang di Indonesia dari curhat, bertengkar hingga benci seseorang karena media sosial. Hak orang memberikan pendapat dan menentukan pilihan juga menjadi terbatas karena netizen baper yang banjir hujatan. Perlahan, ‘netizen’ sendiri mengalami peyorasi menjadi pelaku internet yang buruk dan penuh maki.

Jika kamu mengalami kecemasan, kebencian dan ingin menghujat setiap melihat media sosial, ada baiknya kamu piknik untuk menjadi salah satu detoksnya. Jangan sampai ucapan ulang tahun perlahan menjadi tabu dan tidak layak diucapkan di media sosial.

Share this Article
Posted by Rizka Nurul
Follow:
Rizka is the content creative manager in ruangobrol.id. She is a researcher and made a film "Pengantin" which directed by Noor Huda Ismail. The book of Pengantin will be release soon
Leave a comment