tahun-ajaran-baru-sekolah-pendidikan-jakarta

Jakarta Mulai Tahun Ajaran Baru 13 Juli, Tapi Belum Masuk Sekolah

By

Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menetapkan awal tahun ajaran baru 2020/2021. Hal ini disampaikan melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No 467 tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan.

Tahun ajaran baru pun akan dimulai pada 13 Juli 2020. Sementara akhir tahun ajaran baru ditetapkan pada 25 Juni 2021.

Meskipun demikian, Dinas Pendidikan DKI Jakarta belum akan memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini karena DKI Jakarta masih menjadi zona merah penyebaran covid-19. Sehingga, rentan bagi peserta didik untuk masuk sekolah.

“Perubahan Awal Tahun Pelajaran Baru dapat dilakukan apabila ada kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ┬ámengingat kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir,” tulis keterangan resmi Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang diterima Ruangobrol, Jumat (29/5).

Pelaksanaan pendidikan di sekolah juga menunggu keputusan dari Kemendikbud. Sampai saat ini Mendikbud Nadiem Makarim belum memutuskan waktu sekolah dimulai lagi.

DKI Jakarta telah menetapkan kebijakan belajar dari rumah selama pandemi covid-19 sejak 14 Maret 2020. Selama itu, peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Namun, banyak orangtua yang mengeluhkan biaya pulsa membengkak untuk internet.

Pengamat pendidikan Doni Koesoema pun menilai ke depannya pemerintah harus mensubsidi pulsa untuk peserta didik. Agar seluruh peserta didik lebih maksimal belajar di rumah.

“Kalau tidak mau mensubsidi, berarti beban belajar anak harus dikurangi. Jangan streaming zoom terus selayaknya belajar normal di sekolah,” katanya kepada Ruangobrol, Jumat (29/5).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like