new-normal-ala-pemerintah-indonesia

5 Fase New Normal ala Pemerintah

By

Pemerintah mengkaji kemungkinan new normal mulai 1 Juni. Langkah ini dilakukan untuk menggeliatkan kembali perekonomian di Indonesia yang sempat mandek akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kemenko Perekonomian adalah salah satu kementerian yang melakukan kajian ini. Dalam kajiannya, terdapat lima fase yang akan dilakukan. Fase pertama dimulai pada 1 juni dengan membuka industri dan jasa. Namun, dengan catatan tetap menggunakan protokol kesehatan covid-19.

Fase kedua pada 8 Juni dengan membuka toko, pasar, dan mal. Seluruhnya tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan. Fase ketiga dilakukan sepekan setelah fase kedua. Mal tetap beroperasi, tapi mendapat evaluasi untuk membuka salon, spa, dan lainnya dengan memperhatikan protokol covid-19.

Pada fase ketiga, sekolah pun mulai dibuka tapi dengan sistem bergiliran atau shift. Sehari untuk siswa kelas tertentu, sehari lain untuk siswa kelas lainnya.

Fase keempat, pada 6 Juli, restoran, café, bar dan lainnya dibuka secara bertahap dan dengan protokol kebersihan yang ketat. Kegiatan ibadah pun diperbolehkan dengan jumlah jamaah dibatasi.

Fase kelima, pada rentang 20-27 Juli kegiatan ekonomi dan sosial berskala besar dibuka dengan harapan awal Agustus seluruh kegiatan berjalan seperti sebelum pandemi.

Jadi, sudah siapkah kalian menghadapi fase new normal?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like