800px-Ketupat_Lebaran-idulfitri-ruangobrol

5 Cara Rayakan Idulfitri di Masa Pandemi

By

Larangan mudik oleh pemerintah sejauh ini masih konsisten. Meskipun moda transportasi mulai beroperasi kembali, ini tidak berarti larangan tersebut dicabut. Idulfitri yang dinantikan memang menjadi moment yang mempertemukan seluruh keluarga secara sengaja. Bisa jadi setahun sekali atau bertahun-tahun sekali, momen yang tepat ya idulfitri.

Tapi katanya, menunda mudik adalah upaya menyelamatkan Indonesia dan orang yang kita sayangi. Di perjalanan kita memang tidak bisa menjamin, sehat walalfiat ketika berangkat dan tidak membawa virus sampai di kampung halaman. Jadi harus ngapain dong? Mungkin hal-hal ini bisa kamu lakukan sebagai cara merayakan idul fitri nanti.

  • Video Call Keluarga Besar

Ini yang sedang hits saat ini. Beberapa aplikasi bisa memberikan layanan meeting atau video call bersama. Tentu kita sudah mulai terbiasa dengan aplikasi zoom. Selain Zoom, whatsapp juga bisa digunakan untuk videocall lebih dari dua orang lho, ada pula Duo dan google hangout atau Skype.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melepas rindu saat lebaran nanti bersama keluarga yang jauh. Demi tetap menjaga social distancing, kita tetap bisa merasa dekat satu sama lain berkat teknologi.

  • Berkirim Kartu Ucapan dan Parsel

Beruntungnya kita, PSBB ini tetap mengizinkan logistik beroperasi. Oleh karenanya, kita bisa mengirimkan parsel atau sekedar kartu ucapan untuk keluarga dekat ataupun jauh. Apalagi saat ini banyak pilihan layanan mulai yang memakan waktu hanya 1 hari saja lho.

Ini mungkin sudah jarang kita lakukan. Tapi pembatasan sosial ini membuat kartu ucapan dan parcel bisa mewakilimu di tengah keluarga saat hari raya nanti meskipun tidak hadir disana. Gimana? Mau kirim parcel apa nih?

  • Membuat Video Kebersamaan

Punya banyak foto setiap kumpul lebaran? Kamu bisa susun itu menjadi sebuah video dan mengirimkannya ke keluarga besarmu. Video kenangan akan membuat kamu semangat menjalani social distancing. Setidaknya kita bisa mengenang banyak hal termasuk menghapus rindu.

Ada beberapa aplikasi mudah yang bisa kamu gunakan di handphone kamu mulai dari Adobe Premiere Clip. Bisa juga kamu menggunakan VivaVideo: Free Video Editor yang sudah cukup populer. Pilihan lainnya ada Inshot Video Editor & Photo Editor atau  PowerDirector Video Editor.

  • Menghadirkan Suasana Sendiri

Apa sih yang kamu kangenin dari suasana lebaran? Kue nastar? Biskuit kaleng? Opor ayam? Rendang? Ketupat? Pasti banyak banget. Kamu bisa menghadirkan itu di rumahmu agar lebaran tetap terasa meski jauh dari kampung halaman. Kalau memang gak ada daya untuk bikin sendiri, saat ini banyak yang mulai jual kue kering. Sekalian eksperimen pakai bumbu serbaguna di minimarket juga gak salah lho!

Selain itu, coba dekorasi kamar, taman dan ruang tamumu seperti ala-ala lebaran. Banyak cara menghadirkan suasana lebaran di rumah tanpa pulang kampung meski mungkin rasanya tak sama.

  • Merencanakan Mudik Susulan

Mudik kali ini memang harus tertunda. Tapi pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan libur atau cuti bersama pengganti larangan mudik idulfitri agar bisa bersilaturahmi ke kampung halaman. Jadi, kamu bisa rencanakan dari sekarang apa aja yang akan kamu bawa dan siapkan. Minimal kamu bikin list dulu dan nabung perbekalan. Jadi, begitu diumumkan, kamu langsung bisa pesan tiket dan beli segala keperluan mudik.

Nah, kira-kira kamu tertarik melakukan yang mana? tetap jaga kesehatan dan jaga jarak dengan sekitar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like